October 2, 2022
Spread the love

Ditreskrrimsus Kasta Metro Jaya menangkap 11 penjahat peminjaman online ilegal di Jakarta. Para pelaku pun tak segan-segan mengancam RUU tersebut.

Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan di Mapolres Metro Jaya di Jakarta, Jumat (27/4/2022) “”Dalam kelompok yang dieksekusi oleh tersangka, tersangka menggunakan bahasa mengancam terhadap pelanggan”.  rekomendasi situs slot gacor

Polisi menangkap 11 tersangka melalui 58 aplikasi pinjaman online ilegal. Dua dari lusinan tersangka menjabat sebagai manajer.

Zulpan mengatakan sembilan orang lainnya bekerja di penagihan utang. Dalam menjalankan aksinya, para pelaku kerap mengancam akan mengungkapkan data pribadi pelanggan saat mengisi tagihan.

“Kali ini perempuan lebih banyak. Mereka kolektor kantor. Mereka bekerja dengan komputer di depan kantor. Mereka dituduh mengirim kata-kata cabul, ancaman, dll,” kata Olyansyah.

Sebelas tersangka dalam kasus ini ditangkap di Polda Metro Jaya. Para tersangka telah diadili sehubungan dengan Pasal 27(4) juncto Pasal 45(4) dan/atau Pasal 32(2) dan/atau Pasal 34(1) juncto Pasal 29(2) juncto Pasal 45B . Pasal 50 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Polisi menangkap 11 dari 58 aplikasi yang terlibat dalam aktivitas pinjaman online ilegal. Polisi mengatakan pemimpin sindikat pinjaman gelap online masih dalam penyelidikan.

Oliance mengatakan penyelidikannya menduga pemimpin sindikat konspirasi berada di luar negeri.

Oliansha mengatakan ada perubahan pola bisnis Bingol yang diungkap kali ini. Tampaknya para pelaku tidak lagi bekerja dalam satu rumah.

Ke-11 tersangka ini ditangkap antara April dan Mei 2022. Dua di antaranya bekerja sebagai manajer.

Ulyanceh menambahkan, setelah melacak perangkat IT yang digunakan kelompok itu, mereka menemukan pelakunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.