September 26, 2022
Spread the love

Apple secara resmi mengumumkan macOS Ventura, sistem operasi terbaru untuk perangkat Mac atau Macbook, bersamaan dengan World Developers Conference (WWDC 2022).

Tema macOS Ventura “Bekerja lebih cerdas, bekerja lebih bertenaga, dan melangkah lebih jauh” menghadirkan beberapa fitur baru yang meningkatkan pengalaman multitugas dan komunikasi perangkat-ke-perangkat Anda.  slot gacor bet murah

Fitur terbaru yang disediakan oleh macOS Ventura antara lain Continuity Camera, Center Stage, Stage Manager, Passkey, dan Live Text. Ada juga fitur baru di aplikasi asli, seperti pengiriman terjadwal di aplikasi email Apple.

Untuk lebih jelasnya, KompasTekno merangkum fitur terbaru dari macOS Ventura seperti dilansir situs resmi Apple:

Daftar fitur proyek macOS

Gambar Apple.com dari fitur Kamera Berkelanjutan di macOS Ventura

Kamera Berkelanjutan adalah salah satu fitur terbaru dan sangat hebat dari macOS Ventura. Fitur ini memungkinkan Anda menggunakan kamera iPhone untuk menjadi webcam Macbook Anda.

Untuk mengubah input webcam Macbook ke kamera iPhone, pengguna tidak perlu menggunakan koneksi kabel nantinya. Anda dapat menghubungkan kedua perangkat secara nirkabel.

Jadi, pengguna hanya perlu membawa iPhone mereka ke Macbook mereka. Ini akan secara otomatis mengalihkan input webcam Macbook Anda ke kamera iPhone Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menggunakan kamera di iPhone XR atau lebih baru.

macOS Ventura juga memiliki fitur lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penggunaan Center Stage, webcam laptop Anda. Fungsi ini dapat diaktifkan menggunakan fungsi tahan kamera.

Saat menggunakan kamera iPhone Anda sebagai webcam, fitur Panggung Tengah dapat memusatkan foto Anda di jendela kamera selama panggilan video, bahkan jika Anda bergerak.

Untuk menjalankan fitur ini di Macbook dengan macOS Ventura, diperlukan dukungan dari kamera Ultra HD iPhone 11 atau lebih baru.

Ilustrasi Stage Manager dari Apple.com macOS Ventura

Fitur Stage Manager memudahkan pengguna untuk melakukan banyak tugas secara bersamaan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menempatkan semua aplikasi yang sedang terbuka di tepi layar saat aplikasi yang sedang Anda gunakan sedang berjalan.

Fitur kunci sandi di macOS Ventura memudahkan pengguna untuk menggunakan ID Wajah atau ID Sentuh saat masuk ke situs web atau mengautentikasi akun, daripada menggunakan kata sandi yang mudah dibobol.

Jangan lupa bahwa macOS Ventura juga menghadirkan pembaruan fitur ke aplikasi browser Safari asli. Salah satu fitur baru di Safari adalah Grup Tab Bersama.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi tab browser yang sedang mereka buka dengan pengguna lain. Ini memungkinkan pengguna lain untuk melihat tab yang sedang terbuka secara real time.

Aplikasi Apple Email yang terpasang di Macbook juga mendapatkan pembaruan fitur dari macOS Ventura. Salah satu fitur terbaru dari aplikasi email Apple adalah pengiriman terjadwal, sama seperti Gmail.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan email sebelumnya dan dapat membatalkan nanti jika ada kesalahan yang perlu diperbaiki.

Gambar Apple.com tentang Handoff di FaceTime di macOS Ventura

Selain aplikasi Email dan Safari, Apple memperkenalkan fitur FaceTime baru ke macOS Ventura yang disebut Handoff. Fitur Handoff memungkinkan Anda untuk secara bersamaan mentransfer panggilan FaceTime yang sedang berlangsung ke iPhone atau iPad Anda.

Fitur Teks Langsung yang diperbarui memungkinkan pengguna untuk menyalin teks dari video yang dijeda. Tidak hanya transkripsi, tetapi juga teks atau data yang terdeteksi dalam video dapat dilacak dengan beberapa perintah, seperti terjemahan bahasa.

Demikian informasi mengenai 7 fitur terbaru macOS Ventura. Apple telah mengumumkan macOS Venturan dan beberapa fitur terbaru, tetapi itu tidak berarti pengguna bisa mendapatkan pembaruan sistem operasi sekarang.

Biasanya, ketika Apple merilis sistem operasi yang lebih baru, pertama-tama Apple melakukan serangkaian eksperimen bekerja sama dengan pengembangnya.

Jika Anda menyatakan kapan versi terakhir dari sistem operasi sebelumnya dirilis, kemungkinan versi final macOS Ventura akan tersedia untuk pengguna pada akhir tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.