October 2, 2022
Spread the love

CANBERRA, – Sebuah jet tempur China mencegat sebuah pesawat patroli Australia di atas wilayah udara internasional di Laut China Selatan pada 26 Mei.

Selain mencegat pesawat patroli P-8 Australia, pesawat tempur China juga menembakkan bagian aluminium kecil yang dikenal sebagai sekam.  slot deposit pulsa

Ketika Perdana Menteri Australia Anthony Albanese ditanya tentang insiden itu, dia bersikeras.

“Insiden ini terjadi di wilayah udara internasional,” kata Albanese dalam konferensi pers yang dilansir, Rabu (6/6/2022).

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefe mengatakan Selasa (6 Juli 2022) bahwa sebuah pesawat P-8 telah mendekati wilayah udara Pulau Paracel.

Kepulauan Paracel adalah wilayah sengketa di Laut China Selatan yang diklaim oleh China dan berganti nama menjadi Shisha.

Tan mengatakan pihak China telah mengeluarkan peringatan untuk mengusir pesawat patroli P-8 Australia.

Dia menuduh pesawat Australia mengancam kedaulatan dan keamanan China dan menuduh Canberra menyebarkan disinformasi.

Australia sebelumnya mengatakan bahwa sebuah jet tempur China terbang di depan sebuah pesawat patroli P-8 dan memuntahkan sekam padi.

Beberapa potongan sekam dilaporkan telah masuk ke mesin P-8. Chaff dirancang untuk membingungkan rudal yang dipandu radar.

Spekulasi bahwa hubungan dingin antara Canberra dan Beijing akan mencair setelah kemenangan Partai Buruh dalam pemilihan Australia tampaknya tidak berumur pendek.

Perdana Menteri China Li Keqiang mengirim pesan ucapan selamat beberapa hari setelah Partai Buruh memenangkan pemilihan Australia.

Namun sejak itu, kedua negara telah berdebat tentang kecelakaan pesawat, saingan diplomatik, dan ambisi keamanan di kawasan Pasifik Selatan.

Hubungan antara kedua negara telah memburuk dalam dua tahun terakhir setelah Canberra menyerukan penyelidikan independen tentang asal mula pandemi COVID-19 dan melarang raksasa telekomunikasi Huawei membangun jaringan 5G di Australia.

China telah menanggapi dengan memberlakukan atau menghentikan tarif pada lusinan industri utama Australia, termasuk anggur, jelai, dan batu bara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.