January 28, 2023
Spread the love

Palembang, – Mantan Gubernur Sumatera Selatan Alex Norden divonis 20 tahun penjara atas tuduhan terlibat dalam dua kasus korupsi pembelian gas bumi milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk Pertambangan Provinsi. dan Perusahaan Energi (PDPDE), pembangunan Masjid Sriwijaya.  link judi gacor

Selain itu, jika Alex tidak diganti, ia terancam denda Rp 1 miliar dan kurungan enam bulan.

Selanjutnya, politisi Partai Golkar itu dijerat dengan tuntutan pidana tambahan berupa ganti rugi Rp3,9 juta untuk kasus PDPDE dan Rp4,8 miliar untuk kasus Masjid Sriwijaya.

Namun, kegagalan untuk membayar jumlah penggantian dihukum penjara selama 10 tahun tambahan.

Dalam dakwaan setebal 1.200 halaman, Aswar Hamid, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sumsel, mengatakan kepada Alex beberapa pasal, yakni Tindak Pidana Korupsi Diubah UU No. Pasal 55 Ayat 1 KUHP Juncto 1.

Selain merupakan turunan dari Pasal 18(3) Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Pasal 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Tindak Pidana Korupsi, Juncto Pasal 55 (1) pendosa pertama.

Apa yang Alex berutang adalah bahwa ia dijatuhi hukuman hingga 20 tahun penjara karena menjadi pegawai negeri dan menikmati uang dari korupsi. Tindakannya tidak mendukung program pemerintah memberantas korupsi di tanah air.

Aswar mengatakan dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tepikor) Palembang pada Rabu (25/5/2022) bahwa “terdakwa menikmati akibat (korupsi) dan tidak memiliki moral untuk membalikkan kerugian negara, mengakui perbuatannya”.

Meski kontroversial, selama persidangan, Alex dinilai sopan dan tidak cerewet. “Terdakwa tidak pernah dihukum,” katanya.

Tim hukum Alex Norden, Agus Sajadmoko, mengakui permintaan jaksa tidak manusiawi. Karena Alex kini berusia 70 tahun. Total nilai kejahatan tambahan juga cukup tinggi, mencapai Rp 4 miliar.

“Dengan kata lain, jika tidak membayar, akan diganti dengan hukuman 10 tahun. Hukuman dasarnya adalah 20 atau 30 tahun. Berapa umur manusia? Pak Alex berusia 70 tahun sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *