December 2, 2022
Spread the love

Jakarta, – Sekilas menyalakan lampu interior saat berkendara di malam hari tidak menjadi masalah. Tapi tahukah Anda bahwa keselamatan Anda dapat dikompromikan pada waktu yang salah?

Lampu depan kecil yang biasa dipasang di atap kendaraan ini dibuat tanpa fungsi. Tentunya lampu ini sangat berguna bagi pengendara terutama saat kondisi jalan gelap, dan bisa dijadikan sebagai indikator pintu yang menutup kurang rapat.  link slot pragmatic play

Desainnya saja menyalakan lampu ini saat pintu dibuka. Artinya menggunakan lampu ini untuk menerangi interior saat pengemudi hendak turun dari mobil. Dengan pencahayaan yang tepat, kami berharap tidak ada benda yang tertinggal.

Namun, ada lampu kabin yang dirancang untuk menerangi kursi. Biasanya, penumpang menggunakan lampu ini untuk membaca buku atau melihat benda yang diangkut.

Pencahayaan ini sedikit berbeda dengan pencahayaan dalam ruangan karena cahaya yang dipancarkannya tidak terfokus atau tersebar seperti pencahayaan dalam ruangan pada umumnya.

Namun, tidak semua kendaraan memiliki fungsi lampu ini. Bahkan, banyak orang mengganti bohlam interior mobilnya dengan lampu yang lebih terang untuk menerangi interior. Ini seharusnya tidak menjadi masalah selama Anda menggunakannya pada waktu yang tepat atau tidak menggunakannya dalam semalam.

Menurut direktur pelatihan Sony Susmana Defense Safety Consulting Indonesia (SDCI), lampu tidak boleh dinyalakan saat mengemudi di malam hari karena kabin dapat menghalangi pandangan pengemudi.

Sony mengatakan kepada beberapa waktu lalu bahwa “pada malam hari di luar mobil lebih gelap dan pantulan cahaya di dalam mobil dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melihat ke luar.”

Polisi M Chaerul Halim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang menewaskan remaja laki-laki berinisial RAR pada Jumat malam (27/5/2022) di Depok, Tapos, Jalan Raya Cilangkap.

Selain itu, mematikan lampu kabin dapat menjadi upaya untuk mencegah kejahatan dari luar kendaraan. Seperti diketahui, kejahatan tidak terjadi ketika Anda memiliki kesempatan, sehingga Anda harus selalu waspada, seperti mematikan lampu taksi saat berkendara di malam hari.

Nyatanya, bukan hanya lampu interior saja, tapi cahaya apapun yang bisa menerangi interior bisa menjadi kejahatan karena orang di luar bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi di dalam mobil. 

Menyalakan lampu kabin saat berkendara di malam hari boleh-boleh saja, tetapi sebaiknya tetap rendah. Paling tidak, biarkan lampu ruangan cukup menyala. Tidak perlu menyalakannya sepanjang malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *