September 28, 2022
Spread the love

– Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap alasan pengunduran diri ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Berdasarkan data BKN, dari total 112.514 peserta yang lolos seleksi CPNS 2021 hingga saat ini, sebanyak 105 CPNS yang mengundurkan diri.  slot gampang menang

Satya Pratama, Kepala Biro Hukum Humas Koperasi BKN, mengatakan CPNS dikejutkan dengan gaji dan tunjangan PNS.

Satya mengatakan kepada pada Kamis (26 Mei 2022) bahwa ”Saya terkejut melihat gaji dan tunjangan.

Satya mengatakan, PNS yang sudah lulus merasa gajinya terlalu rendah.

Lantas, berapa gaji PNS?

gaji PNS

Besaran penggajian CPNS mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Penggajian Pejabat Negara (PNS).

Namun, kecuali jika tergolong PNS, gajinya hanya 80% dari total gaji PNS. Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2012.

Sementara itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Kepengurusan Pejabat Publik, CPNS wajib menjalani masa cadangan atau masa percobaan selama satu tahun.

Masa bakti cadangan dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan yang hanya dapat dilakukan satu kali.

Kualifikasi pengangkatan pegawai negeri sipil dinyatakan apabila calon pegawai negeri sipil telah lulus pendidikan dan pelatihan serta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Rincian gaji pejabat publik pada Lampiran No. 15 Tahun 2019 adalah sebagai berikut.

tunjangan PNS

Selain gaji pokok, PNS mendapat berbagai tunjangan.

Ada beberapa jenis gaji yang diterima PNS, seperti tunjangan kinerja, tunjangan pasangan, tunjangan anak, dan tunjangan kejuruan.

Token terbesar di antara tunjangan yang diperoleh adalah tunjangan kinerja (token). Besaran Tukin bervariasi tergantung pada kategori jabatan dan organisasi dimana PNS bekerja.

Di tingkat instansi pemerintah pusat, gaji kinerja tertinggi diterima oleh pejabat Departemen Keuangan dan Pajak (DJP).

Mengutip Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2015 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Dalam Negeri, Tukin yang paling banyak diterima oleh petugas penyelamat kelas wahid adalah Rp.

Pegawai negeri juga menerima tunjangan dari istri atau suaminya. Menurut Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1977, besaran gaji istri/suami adalah 5% dari gaji pokok.

Namun, jika suami istri sama-sama PNS, hanya salah satu dari mereka yang mendapat tunjangan, sehingga gaji pokok lebih tinggi.

Manfaat lainnya adalah tunjangan anak. 1977 PP No. Mengacu pada 7, tunjangan anak ditetapkan sebesar 2% dari upah pokok per anak hingga tiga anak.

Pegawai negeri sipil menerima tunjangan ini selama anak-anak mereka berusia di bawah 18 tahun, belum menikah dan tidak memiliki penghasilan sendiri.

Banyak organisasi juga menawarkan tunjangan makanan. Jumlahnya Rp35.000 untuk PNS kategori pertama dan kedua, Rp37.000 untuk kategori ketiga, dan Rp41.000 untuk kategori keempat.

Tunjangan vokasi hanya tersedia bagi pegawai negeri sipil pada posisi atau tingkat struktural tertentu. Tunjangan ini disebut tingkat kepemimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.