January 28, 2023
Spread the love

Perdana Menteri Australia Anthony Albanes mengunjungi Indonesia akhir pekan ini. Akankah dia dapat membentuk kembali hubungan antara kedua negara, yang sering dinodai oleh kesalahpahaman dan ketidakpercayaan?

Merupakan tradisi tidak tertulis bahwa pemerintah Australia yang baru terpilih dan para pemimpin oposisi menjadikan Indonesia sebagai kunjungan resmi pertama mereka.  cara main slot gacor viral

“Kami memprioritaskan Jakarta daripada Jenewa,” kata mantan Perdana Menteri Tony Abbott.

Tradisi ini akan dilakukan lagi dengan kunjungan Perdana Menteri Albania, terpilih dalam pemilihan federal pada 21 Mei 2022, dengan Menteri Luar Negeri Penny Wong ke Jakarta.

Pekan lalu, Perdana Menteri Albanese dan Menteri Luar Negeri Penny Wong melakukan perjalanan ke Tokyo untuk pertemuan empat negara (AS, Jepang, India dan Australia), karena jadwal dan komitmen yang ditetapkan untuk menghadiri pertemuan menjelang pemilihan Australia.

Sesaat sekembalinya dari pertemuan QUAD, Menlu Benny melanjutkan kunjungan ke negara-negara di Pasifik, sekaligus mencoba menyeimbangkan diplomasi regional Menlu China.

Dr Ahmed Rizki Omar, lulusan Griffith University yang mempelajari hubungan Indonesia-Australia, mengatakan pemahaman yang lebih baik tentang pendekatan China yang berbeda akan menjadi faktor penting.

Rizki mengatakan kepada Linda Mottram dari Radio ABC: “Salah satu masalah yang menghambat hubungan antara kedua negara adalah kurangnya pemahaman orang Indonesia tentang Australia.”

Sebagai perbandingan, Dr. Rizuki mengatakan bahwa jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Amerika Serikat secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang berkunjung ke Australia.

Dr Rizki menjelaskan, “Ini juga menjadi kendala dalam masalah visa pengunjung umum yang sangat ketat dan bahkan tidak ada pemahaman yang mendalam tentang Australia di antara warga negara Indonesia.”

Sementara semakin banyak orang Indonesia dapat berbicara bahasa Inggris, jumlah orang Australia yang dapat berbicara bahasa Indonesia sangat terbatas.

Namun, Dr Rizki mengatakan ini tidak serta merta mencerminkan seberapa dalam orang Australia memahami Indonesia.

Dia mengatakan warga Australia perlu melihat Indonesia lebih dari sekadar tujuan wisata. Sebaliknya, masyarakat Indonesia tidak perlu memandang Australia hanya sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan.

Ketika ditanya tentang kekhawatiran Australia tentang pengaruh China yang berkembang di kawasan itu dan bagaimana orang Indonesia melihatnya, Dr. Rizki mengatakan Australia dan Indonesia memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang China.

Menurutnya, negara-negara ASEAN secara umum berbeda dengan negara-negara Barat dalam urusan China. Karena mereka mengutamakan stabilitas regional.

Perdana Menteri Albania Penny Wong dan Menteri Luar Negeri Penny Wong mengkonfirmasi kunjungan mereka ke Jakarta pada sebuah kaukus Partai Buruh Australia di Canberra pekan lalu.

Perdana Menteri Albanese juga mengomunikasikan rencana kunjungan ini selama kampanye pemilihan, menunjukkan kesediaannya untuk membentuk kembali hubungan antara negara-negara ASEAN pada umumnya, Indonesia dan Australia pada khususnya.

Perdana Menteri Albanese banyak berbicara tentang pentingnya lokasi Indonesia sebagai tetangga Australia yang berpenduduk 270 juta orang.

Dia memilih Indonesia sebagai tujuan pertamanya ketika dia terpilih sebagai pemimpin oposisi Partai Buruh pada 2019.

Dalam pemerintahan Partai Buruh Perdana Menteri Kevin Rudd, orang Albania telah mengunjungi Indonesia beberapa kali sebagai menteri.

Hubungan antara Canberra dan Jakarta juga berkembang di bawah pemerintahan mantan Perdana Menteri Scott Morrison, termasuk Perjanjian Perdagangan Bebas IA CEPA.

Namun, beberapa isu muncul selama periode ini, antara lain isu HAM, konflik Israel-Palestina, dan yang terbaru adalah isu kesepakatan armada kapal selam Australia melalui kerangka AUKUS.

Menteri Luar Negeri Penny Wong mengatakan pemerintahan Perdana Menteri Morrison telah mengabaikan hubungan dengan Jakarta ketika dia masih menjadi menteri luar negeri bayangan.

“Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Maris Payne dan Perdana Menteri Scott Morrison belum mengunjungi Indonesia sejak Desember 2019,” katanya. ” dia berkata. . Dalam sebuah artikel di Financial Review Juni lalu. Kemudian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *