October 2, 2022
Spread the love

Candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-9 merupakan salah satu keajaiban dunia dan kini menjadi tujuan wisata yang sangat populer.

Situs ini terkenal di luar negeri sebagai monumen Buddha terbesar di dunia yang ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata.  link slot online tergacor

Tak heran jika jutaan wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Candi Borobudur setiap tahun untuk menikmati keindahannya.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, kunjungan ke Candi Borobudur yang terletak di Magerlang, Jawa Tengah adalah suatu keharusan.

Jika Anda berencana berkunjung ke Candi Borobudur, informasi berikut ini layak untuk Anda baca.

harga tiket masuk candi borobudur

Shutterstock/Dmitry Jimin Candi Borobudur saat matahari terbenam. .

Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Pandjetan pada Sabtu (6/4/2022) mengumumkan akan membatasi kunjungan wisatawan dan menaikkan harga tiket ke Candi Borobudur melalui akun Instagram pribadinya.

Tiket ke Candi Borobudur dibanderol dengan harga Rp750.000 untuk wisatawan lokal, Rp100 untuk wisatawan asing atau sekitar Rp1.443.000 (kurs 14.400), dan Rp5.000 untuk pelajar.

Sementara itu, jumlah jamaah harian di Candi Borobudur dibatasi sebanyak 1.200 orang.

Setelah itu, aturan ini hanya berlaku bagi wisatawan yang naik ke puncak candi untuk melihat stupa dan prasastinya secara langsung.

Hal ini tentu mendapat pendapat berbeda karena harga tiket Candi Borobudur sebelumnya sangat terjangkau.

Daftarnya adalah tiket masuk satu kali sebelum kawasan candi Borobudur bertambah, dan sebagai berikut.

Tiket juga tersedia di kawasan ini bagi mereka yang ingin melanjutkan perjalanan ke candi Prambanan dan Ratu Buko.

Harga paket tiket Borobudur – Prambanan dan Borobudur – Ratu Buku adalah sebagai berikut:

Jam buka Candi Borobudur

FERGAnata INDRA RIATMOKO (DRA) Kunjungan ke Candi Borobudur Meningkat – Sabtu (12/5) Pengunjung memadati Candi Borobudur, Magerlang, Jawa Tengah, Jawa Tengah. Menjelang liburan sekolah, jumlah pengunjung candi meningkat dari rata-rata 6.000 per hari menjadi lebih dari 16.000. / Ferganata Indra Litmoku (DRA)

Jam operasional Candi Borobudur dari pukul 06:30 hingga 16:30 WIST dari tanggal 18 April 2022 hingga 18 Juli 2022.

Sementara itu, kunjungan ke pelataran atau pelataran candi dan Taman Wisata Borobudur dibatasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Karena kekhawatiran wisatawan, area di sekitar bangunan candi saat ini ditutup untuk pengunjung sehingga wisatawan tidak dapat mengambil gambar atau mengamati relief di antara menara.

Namun aturan ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan administrasi yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Wisatawan disarankan untuk memperhatikan informasi pada akun resmi pariwisata Candi Borobudur di Instagram borobudurpark yang memberikan informasi terkini.

halaman candi borobudur

UNSPLASH / MICHAEL RIVERA Diilustrasikan oleh Candi Borobudur.

Banyak orang percaya bahwa Candi Borobudur ada di Yogyakarta, namun hal ini tidak sepenuhnya benar.

Terletak di desa Borobudur di Kawasan Borobudur, Candi Borobudur adalah bagian dari Wilayah Administratif Kabupaten Magerlang Provinsi Jawa Tengah.

Jalan menuju Candi Borobudur dapat diakses dari dua kota terdekat, Semarang dan Yogyakarta.

Kedua kota tersebut mengakomodir jalur domestik dan internasional serta jalur darat dengan kereta api.

Wisatawan juga dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi Candi Borobudur dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti DAMRI.

Sejarah Candi Borobudur

P RADITYA MAHENDRA YASA Tri Suci Biksu Waisak berjalan di antara menara candi saat prosesi pradaxina di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (6/5). Prosesi ini dalam rangka menyambut perayaan Tri Suci Waisak 2556 BE. Perayaan ini memperingati tiga peristiwa penting: kelahiran, penyelesaian dan kematian Buddha Gautama. / P Raditya Mahendra Yasa (WEN) 26 Mei 2012

Tanggal pembangunan Candi Borobudur diperkirakan antara abad ke-8 dan ke-9, pada masa pemerintahan dinasti Selindra.

Butuh waktu ratusan tahun untuk menyelesaikannya dan diyakini pernah digunakan oleh Dinasti Syailendra sebagai tempat ibadah dan ziarah.

Keberadaan Candi Borobudur diyakini telah menghilang setelah letusan dahsyat Gunung Merapi yang mengubur sebagian bangunan.

Setelah sekian lama, Candi Borobudur akhirnya ditemukan pada saat kedatangan Inggris oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Masa pemugaran Candi Borobudur dimulai pada tahun 1835 dengan pembersihan material yang mengendap di atasnya.

Fungsi Candi Borobudur saat ini tidak lepas dari sejarahnya yaitu sebagai tempat peribadatan umat Buddha khususnya pada saat upacara Waisak.

Sebagai situs budaya Outstanding Universal Value (OUV), Candi Borobudur telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991 karena nilai sejarah untuk keindahannya.

Bentuk dan Prasasti Candi Borobudur

trotoar. Ilustrasi relief Candi Borobudur Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Pariwisata.

Struktur struktur candi Borobudur menampilkan gaya mandala yang mencerminkan alam semesta kepercayaan Buddha.

Strukturnya adalah kotak dengan empat pintu masuk dengan titik pusat melingkar.

Tingkatan Candi Borobudur juga dibagi menjadi 3 wilayah: Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.

Di ketiga kawasan tersebut, Candi Borobudur memiliki 2.772 panel relief, 504 Buddha, dan 72 stupa.

Candi Borobudur, candi terbesar di dunia, meliputi area seluas 2.500 meter persegi.

Secara geografis, candi ini terletak di antara empat gunung: Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu.

Selain itu, tidak seperti candi-candi lain yang terletak di dataran, tempat Candi Borobudur berada, letaknya berada di atas bukit, sehingga mudah untuk diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.