October 2, 2022
Spread the love

– Email atau email kini sudah umum digunakan untuk komunikasi resmi, salah satunya adalah mencari pekerjaan.

Beberapa perusahaan HRD biasanya menggunakan email sebagai tempat untuk mengirim surat dan file lamaran kerja. Email juga biasa digunakan untuk memberikan informasi mengenai hasil proses rekrutmen.

Meskipun banyak digunakan, beberapa pengguna atau pelamar sering tidak mengerti cara mengirimkan aplikasi melalui email. Tidak mungkin melamar pekerjaan secara acak melalui email.

Departemen sumber daya manusia memiliki jenis kriteria tertentu untuk mengevaluasi lamaran pekerjaan yang biasanya dikirim melalui email. Misalnya, lamaran pekerjaan bukan hanya tentang mengirimkan dokumen yang diperlukan, tetapi juga membutuhkan isi email.

Email utama itu sendiri adalah bagian dari konten email. Dalam hal isi utama email lamaran kerja, kirimkan lamaran kerja atau lampirkan dokumen yang diperlukan setelah mengisi lamaran kerja

Tujuan membuat badan email lamaran kerja adalah untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan minat untuk mengisi posisi yang ditawarkan oleh perusahaan. Jadi, apa yang harus Anda masukkan ke dalam tubuh email lamaran kerja Anda?

Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman informasi kumpulan email lamaran kerja yang KompasTekno laporkan kepada Indeed, platform digital untuk mendistribusikan postingan lowongan.

Mengisi formulir lamaran kerja melalui email

Selain melampirkan file, pelamar harus terlebih dahulu mengisi email utama. Saat melamar pekerjaan, atur secara sistematis isi email yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

Tubuh email tidak boleh memiliki terlalu banyak paragraf, sekitar 4-5 paragraf sudah cukup. Kemudian tulis sekitar 2-3 kalimat dalam satu paragraf.

Paragraf pengantar dapat disiapkan dengan menggunakan kata sambutan, deskripsi penyebab lowongan, pengenalan singkat tentang identitas, dan pernyataan minat dalam aplikasi.

Selain itu, paragraf konten dapat diedit dengan menjelaskan secara singkat pengalaman kerja Anda bersama dengan kesesuaian Anda untuk posisi yang Anda lamar.

Terakhir, paragraf terakhir badan email dapat diisi dengan salam penutup yang mencantumkan informasi kontak pelamar dan prospek proses lamaran kerja. Juga, pastikan bahwa semua kalimat dalam paragraf disusun menggunakan bahasa formal.

Demikian gambaran umum tentang isi email lamaran kerja. Untuk gambaran yang lebih jelas, silakan lihat formulir dukungan pekerjaan email dasar di bawah ini.

Contoh format email lamaran kerja

terima kasih Tim SDM Perusahaan X.

Kami memperkenalkan kepada Anda. Nama saya Andi. Saya mendapat informasi di website bahwa Perusahaan X membuka lowongan untuk posisi penulis konten.  link judi deposit pulsa

Saya tertarik untuk mengisi posisi ini yang sesuai dengan pengalaman dan keahlian saya. Saya memiliki lebih dari 2 tahun pengalaman dalam penulisan dan jurnalisme berbasis SEO.

Dalam pekerjaan saya sebelumnya, saya dapat mengoptimalkan kata kunci dalam artikel sehingga muncul di halaman pertama di bagian atas daftar pencarian Google. Saya pikir kemampuan ini dapat berkontribusi untuk memenuhi tugas saya sebagai penulis konten.

Melalui email ini saya juga melampirkan resume dan portofolio saya sebagai bahan pertimbangan. Kami menantikan lebih banyak wawancara dengan tim SDM Perusahaan X pada kesempatan ini.

Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk memperhatikan.

Selamat datang

andi 0978214555011 [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.