October 1, 2022
Spread the love

Jakarta – Perekonomian Indonesia saat ini tidak terpengaruh oleh kebangkrutan Sri Lanka yang menutup sekolah dan beberapa instansi pemerintah.

Namun, default Sri Lanka dapat mempengaruhi sentimen investor ketika berinvestasi di negara berkembang, termasuk Indonesia.  alamat slot gacor

“Ya, sekarang lebih tinggi di Amerika Serikat karena risiko inflasi yang tinggi di beberapa negara. 8%” kata Rabu (22/6/2022) Bhima Yudestra, Direktur Pusat Penelitian Ekonomi dan Hukum (Selius).

Menurut Bima, pelajaran yang bisa diambil pemerintah Indonesia dari kasus Sri Lanka adalah sistem pemerintahan harus bersih dari korupsi. Hal ini karena dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan antara masyarakat dan pelaku komersial.

Terkait pengelolaan utang luar negeri, Bhima mengatakan lebih baik menunda atau membatalkan proyek yang tidak berdampak besar bagi perekonomian daripada membiayainya dengan utang.

“Selain itu, kesempatan kerja sangat kecil sehingga kenaikan harga tidak sebanding dengan kesempatan kerja, sehingga perlu keseimbangan antara stimulus dan perluasan jejaring sosial,” tambah Bima.

Leave a Reply

Your email address will not be published.