December 4, 2022
Spread the love

Jakarta, – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan hanya kelompok pelanggan PLN tertentu yang akan menguji penyesuaian tarif atau penyesuaian tarif listrik. Kenaikan tarif listrik hanya berlaku untuk pelanggan rumahan kaya.  rekomendasi situs slot gacor

Reda Muliana, Direktur Ketenagalistrikan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan pihaknya telah mensubsidi pelanggan listrik dan pelanggan rumah dengan rentang daya 900 hingga 1.200 FA. (R1) Mereka tidak melihat adanya kenaikan harga listrik.

Di sisi lain, kenaikan tarif listrik hanya berlaku untuk pelanggan di rumah tangga dengan tingkat energi 3500VA atau lebih tinggi (R2, R3) dan tingkat pemerintah (P1, P2, P3). Jumlah itu sekitar 2,5 juta pelanggan atau 3% dari seluruh pelanggan PLN.

“Kami tidak menyentuh subsidi sama sekali,” kata Leda pada konferensi pers dengan Departemen Energi. Sumber Daya Mineral, Jakarta, Sen (13/13). / Juni 2022).

“Saya kira tidak berlebihan untuk menyesuaikan tarif bahkan untuk pelanggan yang tidak mendukung grup R1 900-1.200 VA,” katanya.

Menurut Reza, survei pemerintah menunjukkan bahwa rumah tangga R2 dengan kekuatan 3500 VA-5500 VA dan R3 6600 VA atau lebih tinggi adalah kelas menengah ke atas bahkan untuk rumah tangga kelas atas. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya tidak menerima subsidi pajak listrik.

Jadi R2 dan R3 adalah rumah mewah, dan tidak pantas rumah mewah seperti itu mendapat dukungan negara.”

Selanjutnya, mulai Juli hingga September 2022, tarif listrik untuk pelanggan domestik kategori R2 dan R3 akan disesuaikan dari Rp 1.444,70 per kWh menjadi Rp 1.699,53 per kWh, dengan rata-rata kenaikan rekening bulanan sebesar Rp 111.000 untuk pelanggan R2 dan R3. Bulanan untuk pelanggan R3.

Ini memantau indikator makroekonomi masa depan dan menyesuaikan tarif setiap tiga bulan.

Reda meyakini pelanggan PLN yang terkena kebijakan penyesuaian tarif listrik akan mampu membayar meski tarif listrik naik.

“Untuk rumah tangga yang berpenduduk 3.500 VA atau lebih dan semuanya sudah ber-AC, sampel juga menunjukkan bahwa rumah tersebut sudah memiliki garasi dan tidak kosong. Artinya ada mobil, jadi masih mampu ( disesuaikan dengan listrik) biaya tambahan. Dalam hal itu, saya tidak berpikir R3 akan merugikan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *