October 2, 2022
Spread the love

Jakarta – Indonesia merupakan jantung perekonomian global yang inklusif, termasuk UKM dalam rantai nilai global, dan berperan penting dalam mendorong kebijakan global yang mengutamakan kerja sama berbagai pihak.

Isu tersebut dibahas oleh anggota Forum Bisnis B20, khususnya Kelompok Kerja Perdagangan dan Investasi, dengan fokus pembahasan pada Forum G20 2022 yang dipimpin oleh Indonesia.  slot online terpercaya 2022

Co-Chairs Kelompok Kerja Perdagangan dan Investasi B20 2022 d. Juan Jose Dabob mengatakan pandemi COVID-19 selama dua tahun memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian beberapa negara, termasuk Indonesia.

Pada ajang G20, untuk pertama kalinya, Indonesia berkesempatan membentuk kebijakan ekonomi global yang komprehensif yang melibatkan partisipasi semua pihak, termasuk mendukung UKM.

Dr. Daboub yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Bank Dunia 2006-2010 memperkirakan Indonesia memiliki modal yang kuat untuk memimpin pembahasan pemulihan ekonomi di berbagai forum internasional. Indonesia telah diakui oleh Bank Dunia (World Bank) karena membuktikan dapat mengatasi krisis pandemi COVID-19 dan bangkit serta pulih lebih cepat daripada banyak negara lain.

Hingga tahun 2021, pertumbuhan PDB Indonesia akan meningkat menjadi 3,7%. Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan PDB Indonesia akan kembali naik menjadi 5,2% pada tahun 2022.

Keberhasilan ini terus berlanjut. d. Dabab tak lepas dari peran pemerintah dalam mengelola ekonomi makro dan melaksanakan program pemulihan ekonomi nasional.

kata dokter. Daboub juga merupakan direktur Philip Morris International (PMI).

Sejumlah Pokja B20 saat ini sedang memfinalisasi pembahasan rekomendasi kebijakan yang akan diajukan ke G20. Forum B20, yang terdiri dari beberapa perusahaan internasional, merupakan salah satu kelompok peserta G20.

Dr Daboub mengatakan PMI bersama anggota lain yang dipimpin oleh Arif Reshmat, Ketua Satgas Perdagangan dan Investasi B20, saat ini sedang mengerjakan sejumlah rekomendasi kebijakan terkait upaya pemulihan ekonomi. Selain menjadi penutup pembahasan langkah-langkah aksi bersama sebagai bentuk komitmen negara-negara anggota B20 untuk mendukung G20 dalam pemberdayaan UKM.

Menurutnya, sebagian besar rekomendasi kebijakan B20 menargetkan pemerintah, tetapi sebagai entitas perdagangan, Grup B20 akan memberikan contoh nyata kerja sama, kerja sama global, dan dialog antar pemangku kepentingan tentang kebijakan dan praktik perdagangan yang baik untuk mendorong pemulihan dan stabilitas yang cepat. . Di bawah arahan Presiden Joko Widodo, ekonomi global

Salah satu inisiatif Satgas Perdagangan dan Investasi B20 2022 untuk mendukung tujuan Presidensi G20 Indonesia terkait dengan peran nyata para peserta perdagangan di B20 untuk mempromosikan inovasi digital serta memperluas akses ke UKM. Memungkinkan mereka untuk bersaing dan menjadi bagian dari rantai pasokan global melalui ekosistem yang komprehensif Untuk Loop Tertutup. B20.

Dr. Daboub mengatakan, sektor usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan urat nadi perekonomian Indonesia. Menurutnya, pemangku kepentingan bisnis dapat berperan penting dalam mewujudkan janji ekonomi inklusif melalui kemitraan dengan UKM dan kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, dengan membekali mereka dengan pengetahuan, keterampilan, keterampilan dan jaringan, baik lokal maupun internal. . Rantai nilai global pasar domestik.

PMI merupakan salah satu perusahaan yang mendukung inisiatif B20 untuk memberdayakan UMKM. PT HM Sampoerna Tbk, anak perusahaan PMI Indonesia, telah mengembangkan lebih dari 160.000 toko kelontong UMKM yang tergabung dalam Sampoerna Retail Community (SRC). Berbagai program memungkinkan pedagang anggota SRC untuk mengadopsi teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan daya saing mereka.

“Melalui Forum B20, kami juga berkontribusi pada pertukaran pengalaman atau saran tentang upaya praktis oleh pelaku komersial untuk membantu mereka mendigitalkan UMKM agar lebih kompetitif dan mengikuti pertumbuhan ekonomi. Kolaborasi antara pelaku komersial dan UMKM juga diperlukan. Kecil dan usaha menengah (UKM) yang didukung penuh oleh pemerintah dalam bentuk kebijakan dan program yang komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan” GOM.

Secara terpisah, Arjad Rashid, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), menyepakati pentingnya pengembangan UMKM Indonesia dalam memberdayakan mereka di era digital untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Jelasnya, merujuk data yang diperoleh KADIN hingga 12,5% UMKM Indonesia yang menerapkan strategi jual beli online di masa pandemi Covid-19 pada 2020-2021, tidak semua bisnis terkena dampak ekonomi. Dari jumlah tersebut, 27,6% meningkatkan penjualan.

Argad mencatat bahwa usaha kecil dan UKM memainkan peran penting dan strategis dalam struktur ekonomi Indonesia. Hal ini karena 99,99% pelaku komersial Indonesia adalah UKM dengan tingkat penyerapan tenaga kerja hingga 97% dan berkontribusi 61,97% terhadap PDB negara.

Oleh karena itu, di era digital seperti sekarang ini, peran swasta khususnya korporasi sangat dibutuhkan untuk bekerjasama dengan pemerintah agar UKM dapat memiliki daya saing. Arzad mengatakan, “Bantuan korporasi besar dan pejabat pemerintah dapat mengurangi beban tugas usaha kecil, seperti bantuan permodalan, misalnya.”

KADIN juga mengambil bentuk partisipasi langsung dalam mewujudkan semangat pertumbuhan ekonomi yang inklusif. “Saat ini KADIN Indonesia sedang mendorong penguatan kemitraan, sinergi dan kerjasama antara UKM dan perusahaan besar dalam rantai pasok industri,” ujarnya.

Apalagi UKM tidak lepas dari dinamika saat ini seiring dengan dunia usaha yang memasuki era Industri 4.0. Semuanya terintegrasi melalui digital. “Kadin Indonesia menjelaskan bahwa UKM memiliki akses permodalan dan bahan baku, akses pemasaran termasuk masuk ke pasar ekspor, dan digitalisasi”.

Dalam perannya sebagai penyelenggara Forum Bisnis B20, KADIN Indonesia mengajak seluruh negara anggota G20 untuk berpartisipasi dalam dialog merumuskan solusi untuk menghidupkan kembali dan mendorong perekonomian global. Diharapkan semakin banyak investasi yang masuk ke Indonesia, sehingga mempercepat pemulihan dan pergerakan ekonomi nasional.

Persamaannya adalah inovasi dan kolaborasi. Kolaborasi antara pemerintah, asosiasi sosial dan bisnis dari kategori nasional dan industri yang berbeda akan memberikan masukan dari perspektif yang kaya dan beragam. Langkah dan kebijakan konkrit untuk mewujudkan ekonomi inklusif diharapkan terus berlanjut di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.