January 28, 2023
Spread the love

BALI, – Forum Internasional 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 berpeluang menjadi ajang promosi Usaha Kecil Menengah (UMKM) Bali di pasar global untuk meningkatkan awareness produk terkait. internasional.  slot online terbaik

Hal tersebut disampaikan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) pada acara pembukaan Pameran Produk UKM Forum Internasional 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali.

Dalam siaran pers yang diterima , Teten mengatakan dalam siaran pers yang diterima “Forum GPDRR 2022 merupakan stimulus bagi kebangkitan pariwisata di Bali dan peluang besar bagi UMKM di Bali untuk mengembangkan produknya secara internasional. “

Pada acara tersebut, Kementerian Administrasi Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) ditunjuk sebagai koordinator UKM Fair. Dengan melibatkan usaha kecil dan menengah dalam kemitraan global pengurangan risiko bencana, kami berharap dapat menjadi stimulus untuk merevitalisasi usaha kecil, khususnya di Provinsi Bali yang dilanda pandemi COVID-19.

Teten juga menambahkan, seiring dengan semakin disadarinya dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian Bali, maka penting untuk memperbaiki strategi dan mendiversifikasi kebijakan pembangunan Bali.

Diantara strategi tersebut adalah Bali tidak lagi hanya mengandalkan pariwisata, tetapi mengembangkan strategi pariwisata, perdagangan dan investasi yang komprehensif.

Bali juga harus menyelenggarakan beberapa event internasional yang diadakan di Isle of the Gods, event yang harus mengiringi promosi produk UMKM yang berkualitas.

Tetin mengatakan, “Bali juga harus menjadi kawasan yang dikenal secara internasional sebagai hub ekspor produk UKM unggulan. Jadi kami ingin Bali menjadi pintu gerbang dunia untuk produk UKM.”

Bali juga dapat memberikan kearifan lokal masyarakat Indonesia dalam penanganan bencana, seperti yang didemonstrasikan KemenKopUKM bertema Rising Phoenix di Zona 1, salah satu dari empat area display produk UKM saat ini..

Teten berharap sinergi dan kerja sama antar kementerian dan lembaga yang disebutkan dalam Expo UMKM ini akan terus semakin baik. Selain itu, UKM Indonesia diharapkan semakin fleksibel, adaptif, inovatif, diakui dan berdaya saing di kancah internasional.

Pada ajang GPDRR 2022, pameran produk UMKM bertemakan semangat Indonesia dari risiko ke ketahanan, dengan partisipasi 5 kementerian/lembaga dan lebih dari 200 usaha mikro.

Pameran ini terdiri dari empat zona: Zona 1 The Rising Phoenix, sebuah museum kecil tentang bencana besar di Indonesia, dan Zona 2 Memento, Indonesia, yang menampilkan produk-produk tanpa limbah yang berkualitas tinggi, bernilai tambah, dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Zona 3 Taste of Indonesia menampilkan produk makanan dan minuman dari warisan budaya nusantara dan hasil industri kreatif, dan Zona 4 Irama Lokal menampilkan pertunjukan dan hiburan lokal.

Demo produk UMKM ini digelar di dua lokasi pada 23-28 Mei 2022. Dari tiga hotel Conrad Bali, Courtyard Bali Nusa Dua dan Meliá Bali, yang pertama memiliki total 30 UMKM, sedangkan lokasi kedua di grup Bali menawarkan 238 produk UMKM yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. dan Kementerian Perindustrian, Perindustrian, dan Olahraga.

Potensi pasar produk UMKM akan dipamerkan dengan lebih dari 5.000 delegasi dari 193 negara dan wisatawan domestik dan mancanegara mulai berkunjung ke Bali.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara KemenKopUKM dengan PT Oriental Indrakila Persada tentang pengembangan UKM melalui promosi dan perluasan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *