October 2, 2022
Spread the love

Ada banyak spekulasi tentang hilangnya Aaron Maceko. Apalagi janji KPK untuk segera menangkapnya belum juga terpenuhi.

Mari kita lacak buronan legendaris KPK Masiku Haru untuk melestarikan ingatannya dan tidak dilupakan. Ia sebelumnya dikenal sebagai calon Callig dari PDIP.  slot gacor hari ini

Namanya mulai dikenal pada Januari 2020 saat KPK melancarkan operasi penangkapan manual (OTT). Wahyu Setiawan yang saat itu menjadi anggota Republik Demokratik Rakyat Korea, terjerumus ke dalam jebakan Republik Rakyat Demokratik Korea.

Dalam waktu 1 x 24 jam, KPK resmi menetapkan Wahyu Setiawan sebagai tersangka. Wahyu dituding menerima dana terkait pelantikan anggota Kongres Rakyat terpilih 2019-2024.

Pada 9 Januari 2020, Wahyu Setiawan resmi ditetapkan sebagai tersangka. Wahyu Sitiawan tidak sendiri. Ada seorang pria bernama Agustiani Tio Fridelina yang dituduh menerima suap. Saat itu, KPK menetapkan suap itu adalah Aaron Maseko dan Summerville Bahri.

Namun, saat itu Haru Masaku tidak ikut OTT KPK. Pengejaran terus berlanjut, seiring dengan berbagai informasi mengejutkan kenapa Harun Masiku bisa lolos dari jebakan OTT KPK.

Waktu berlalu sebelum ketiga tersangka dalam kasus itu muncul di pengadilan. Ketiganya dihukum.

1. Safil divonis satu tahun delapan bulan penjara dan denda 150 juta rupee ditambah tambahan empat bulan penjara. Saful, yang juga pengurus PDIP, dinyatakan bersalah menyuap Wahyu Setiawan saat menjabat sebagai komisioner KPU.

Hakim menilai Sevilla membayar suap secara bertahap, bersama dengan Aaron Maceco, yang belum ditangkap. Hadiah pertama senilai S$19.000 atau Rs 200 juta telah dikirimkan pada 17 Desember 2019. Hadiah kedua, setara dengan S$38.350 atau Rs 400 juta, diserahkan kepada Agustiani Tio Fridelina dari Saeful pada 26 Desember 2019.

2. Wah Setiawan

Wahyu Setiawan divonis enam tahun penjara dan denda 150 juta rupiah serta divonis empat bulan penjara. Hukuman dua tahun itu lebih ringan dari tuntutan jaksa agung agar Wahuu menerima delapan tahun penjara.

3. Augustus Theo Friedlina

Agustiani Tio Fridelina divonis empat tahun penjara, denda 150 juta rupee dan empat bulan penjara. Dia divonis pada hari yang sama dengan Wahu Sitiawan.

Janji KPK memburu Harun Masiku belum juga terwujud. Lihat halaman berikutnya.

Halaman berikutnya 1 2 3 Buronan Aaron Maseko Aaron Maseko Aaron Maseko Buronan Aaron Maseko Red Notice

Leave a Reply

Your email address will not be published.