October 2, 2022
Spread the love

Jakarta – Presiden Joko Widodo melantik John Wimbe Wittebo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri pada Rabu (15/6/2022).

Ia menjabat di Istana Kepresidenan.

John Wimbe Wittebo diketahui pernah menjabat sebagai Wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  situs slot gacor terpercaya

Sebelum menjabat Wakil Menteri PUPR, John Wimpei Witipu menjabat sebagai Bupati Jayawijaya selama dua periode.

Wempi Wetipo juga berkompetisi dalam pemilihan presiden Papua 2008, di mana ia bersaing dengan Abel Melkias untuk bersaing dengan Presiden incumbent Lukas Enembe.

Akhirnya, Lucas Enyemb memenangkan pemilihan gubernur yang digabungkan dengan mendiang Clement Tenale.

Sementara itu, Wimpei Waitepu dikatakan pernah menjabat sebagai pegawai negeri sipil di Kabupaten Jayawijaya dari tahun 1996 hingga 1998 sebelum bekerja sebagai administrator.

Selain itu, dari tahun 1998 hingga 2006, menjabat sebagai Kepala Bagian Humas dan Pemasaran di Biro Pariwisata Jayawejaya.

Wimpei Witipu juga menjabat sebagai General Manager Sekretariat Daerah Jayawijaya dari tahun 2006 hingga 2008.

Sementara itu, Wimbe Wittebo diketahui menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Sendrawaseh. Setelah itu, ia melanjutkan studi masternya di Fakultas Hukum Universitas Sendarawase.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan Rabu (15/6/2022) bahwa ia resmi menjabat sebagai menteri baru sehubungan dengan perombakan pemerintahan Majo pemerintah Indonesia di Istana Negara di Jakarta.

Acara peresmian dihadiri oleh Presiden Jerendra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhamin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri Megawati Soekarnoputri, dan Partai Nasional Demokrat Suriah (Nazdim) Ketua Umum Suriah dan ketua partai lainnya hadir. .

Selain Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Upacara dilanjutkan dengan pelantikan menteri baru Jokowi dan nyanyian lagu Indonesia Raya.

Acara dilanjutkan dengan pemberhentian dan pengangkatan Sekretaris Negara Nanik Purwanti pada Rapat Tingkat Tinggi Indonesia 2019-2024 dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 64b Tahun 2022. .

Dalam keputusan tersebut, Zulhas menggantikan Sofiane Jalil dengan menggantikan Mohamed Lotfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hedi Tjantou sebagai Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Pertahanan (ATR/BPN).

Jokowi juga mengangkat Wakil Menteri: Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Sumber Daya Manusia (Wamenaker), dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN (Wamen ATR/BPN). .

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Jokowi yang dihadiri oleh para menteri dan wakil menteri terpilih.

“Kami setia pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan secara langsung menegakkan segala peraturan perundang-undangan yang mungkin untuk negara dan pengabdiannya kepada negara.”

Jokowi mengatakan, “Saya akan mematuhi etika jabatan dan melakukan yang terbaik dengan tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan tugas saya,” disusul oleh Asisten Sekretaris dan Asisten Sekretaris Negara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.