October 2, 2022
Spread the love

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas situasi di Ukraina dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan, Bogor. Jokowi menegaskan sikap Indonesia tentang Kepemilikan wilayah.  link slot gacor

Jokowi mengingatkan tentang pentingnya hukum internasional dipatuhi. Selain itu, Jokowi meminta semua negara wisata budaya damai.

Selain itu, Jokowi mendorong peningkatan kerja sama untuk mengatasi dampak perang di Ukraina. Kolaborasi terutama terkait dengan masalah pangan dan energi.

Jokowi merasa terhormat atas kunjungan Presiden Jerman ke Indonesia. Menurut Jokowi, hal ini menandakan eratnya hubungan antara Jerman sebagai ketua G7 dan Indonesia sebagai ketua G20.

“Indonesia merupakan salah satu negara tujuan pertama kunjungan bilateral presiden Jerman setelah terpilih kembali sebagai presiden Jerman pada Februari tahun ini. Hal ini tentu menggambarkan eratnya hubungan kedua negara, karena Jerman menjabat sebagai presiden Jerman. G7. Dan Indonesia adalah ketua G20.”

Jokowi mengatakan, “Presiden Steinmeier bukan orang baru bagi saya karena kami bertemu di Jakarta pada tahun 2014 ketika dia menjadi menteri luar negeri. Pertemuan bilateral itu sangat ramah dan bermanfaat dan pada masalah bilateral kami fokus berbicara tentang kerja sama ekonomi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.