September 28, 2022
Spread the love

Gabriel Lilly, sarjana kebijakan publik Universitas Gadja Mada, menilai keputusan Presiden Joko Widodo membuka kran untuk ekspor minyak mentah dan minyak goreng.

Gabriel menilai keputusan untuk membuka ekspor membutuhkan kehati-hatian dan bukan spekulasi dalam menentukan harga minyak dalam negeri.  slot gacor gampang menang

Apalagi masalah kelangkaan minyak goreng di Indonesia dianalisa bukan sebagai persediaan terbatas, tetapi sebagai perilaku kelompok usaha yang membidik keuntungan atau rente yang besar.

“Ditegaskan juga bahwa relaksasi tidak mengarah pada pembebasan,” jelasnya.

Yang dimaksud Gabriel dalam liberalisasi adalah bahwa pemerintah tidak boleh mengungkapkan CPO dan harga minyak goreng ke mekanisme pasar.

Gabriel juga mengingatkan pemerintah untuk terus melakukan riset pasar guna memantau harga minyak di masyarakat.

“Pemeriksaan harus rutin dan teknologi harus tersedia. Pemerintah membutuhkan sistem pemantauan kecukupan inventaris nasional dan distribusi regional.”

Jokowi mengatakan pada Kamis (19/5/2022) “Kami memutuskan untuk membuka kembali pintu ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022”.

Banyak pertimbangan yang dilakukan pemerintah sebelum memutuskan untuk melanjutkan ekspor CPO dan minyak goreng.

Pertama, ada banyak minyak goreng di Korea.

Jokowi mengatakan kebutuhan minyak goreng curah nasional mencapai 194.000 ton per bulan.

Sebelum larangan ekspor berlaku, pasokan minyak nabati curah bulanan adalah 64,5 juta ton.

Dan setelah larangan ekspor berlaku, pasokan bulanan meningkat menjadi 211.000 ton.

Dia mengatakan “melebihi kebutuhan nasional”.

Selain pasokan yang melimpah, Jokowi menilai pelarangan ekspor kembali menekan harga minyak goreng curah.

Dia mengatakan, sebelum larangan ekspor berlaku pada Kamis (28 April 2022), harga rata-rata minyak goreng nasional adalah 19.800 rupee.

Jokowi berpendapat harga minyak goreng curah bisa turun menjadi Rp 17.200-17.600 per liter setelah larangan ekspor berlaku.

Jokowi mengakui harga minyak goreng curah di berbagai daerah masih relatif tinggi.

Namun, dia yakin dalam beberapa pekan mendatang harga minyak goreng akan masuk akal atau menyamai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Pertimbangan ketiga adalah jumlah orang yang bekerja di kelapa sawit.

“Mengingat 17 juta petani dan pekerja di industri kelapa sawit, saya memutuskan untuk melanjutkan ekspor minyak pada Senin, 23 Mei 2022,” katanya.

Perdana Menteri Jokowi mengatakan akan terus memantau pasokan dan permintaan minyak goreng di Korea seiring dengan dimulainya kembali ekspor minyak goreng mulai 23 Mei 2022.

Dia juga memerintahkan aparat penegak hukum untuk menangani hukum mafia yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan minyak goreng. Jokowi ingin penyelidikan segera atas dugaan penyalahgunaan distribusi dan produksi minyak goreng.

Dia juga ingin proses hukum segera dilakukan.

Jokowi juga berterima kasih kepada para petani sawit yang telah memahami kebijakan embargo CPO.

Leave a Reply

Your email address will not be published.