October 7, 2022
Spread the love

Katarak adalah area keruh atau ‘kabut’ yang terjadi pada lensa mata yang biasanya jernih. Kondisi ini cenderung tidak menimbulkan rasa sakit, dapat terjadi pada kedua mata, dan sering terjadi pada usia lanjut.  slot gacor 2022

Biasanya, cahaya yang dapat dilihat oleh mata melewati lensa transparan. Lensa berada di belakang iris, bagian mata yang berwarna. Lensa memfokuskan cahaya sehingga otak dan mata bekerja sama untuk memproses informasi dalam gambar.

Ketika katarak menutupi lensa, mata tidak dapat memfokuskan cahaya dengan cara yang sama. Hal ini dapat mengakibatkan penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan lainnya.

Mengutip Klinik Cleveland, lensa mata sebagian besar terdiri dari air dan protein. Seiring waktu, protein ini dan sisa protein menggores lensa, membuatnya sulit untuk melihat dengan jelas.

Namun, ada banyak faktor lain yang bisa mempercepat katarak, seperti diabetes, penggunaan obat-obatan tertentu, cedera atau operasi mata, dan aktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung mata seperti kacamata hitam.

Katarak lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia mata seseorang. Gejala umum katarak meliputi:

Ada berbagai jenis katarak. Biasanya, kondisi ini diklasifikasikan menurut di mana dan bagaimana katarak muncul. Berikut beberapa jenis katarak yang dikutip Healthline:

Satu-satunya cara untuk mengobati katarak adalah operasi mata. Menurut WebMD, jika Anda memiliki masalah penglihatan ini pada tahap awal, menggunakan lensa kacamata yang lebih kuat untuk sementara dapat meningkatkan penglihatan Anda.

Jika Anda kesulitan membaca, coba gunakan cahaya yang lebih terang atau kaca pembesar. Tapi jika silau adalah masalah besar, Anda bisa mencoba kacamata khusus dengan lapisan anti-silau. Kacamata berguna untuk mengemudi di malam hari.

Penting untuk diingat bahwa jika katarak mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda, terutama jika itu membuat mengemudi sangat berbahaya, yang terbaik adalah menemui dokter Anda segera untuk operasi.

Tidak ada cara khusus untuk mencegah katarak sepenuhnya. Hal ini dikarenakan kondisi ini cenderung terjadi pada saat proses penuaan. Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi risiko infeksi, termasuk:

Leave a Reply

Your email address will not be published.