January 28, 2023
Spread the love

, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) dituding sengaja mengizinkan transaksi di aplikasi bot perdagangan DNA Pro Akademi, suar untuk menipu anggota.

Pengacara korban, Yasmine Montaz, mengatakan Daniel Abbe yang kini ditahan di PT DNA Pro Academy juga mengakui kelalaian tersebut.  situs slot gacor terpercaya

Aplikasi DNA Pro diketahui menggunakan penipuan Ponzi atau skema piramida yang merugikan anggota.

Yasmin mengatakan, “Persetujuan Daniel Abbe tidak serta merta menghilangkan pengabaian yang dilakukan oleh Departemen Perdagangan dan stafnya. Saya berbicara atas nama anggota yang sudah berjuang saat ini. Beberapa dari mereka bahkan putus asa.” . Sabtu (28-05-22) dalam keterangan tertulis.

Jasmine, yang dicurigai melewatkan sesuatu, bertanya-tanya beberapa hal.

Salah satunya menyangkut proses dan validasi perusahaan yang ingin mengajukan Surat Izin Penjualan Langsung (SIUPL) ke Departemen Perdagangan.

Menurut Jasmine, DNA Pro yang sudah memiliki SUIPL sebaiknya tidak lagi menggunakan metode Ponzi.

Selain itu, peraturan telah ditetapkan untuk memenuhi berbagai persyaratan untuk menghindari pemasaran ilegal seperti Ponzi dan piramida.

Yasmine mengatakan, “Kenapa perusahaan yang menerapkan skema Ponzi bisa lolos SIUPL? Seharusnya tidak lulus.'”

Yasmin juga menilai Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) (AP2LI), sebuah asosiasi multi level marketing (MLM) yang membawahi beberapa perusahaan robotika komersial, termasuk DNA Pro, juga harus dipertanggungjawabkan.

Karena AP2LI juga ikut dalam proses verifikasi.

Selain itu, AP2LI sebelumnya melaporkan bahwa DNA Pro disahkan setelah memperoleh SUIPL.

Namun, pada awal Februari 2022, setelah sejumlah perusahaan robotika komersial, termasuk DNA Pro, gulung tikar, AP2LI mengeluarkan imbauan.

Salah satu poin reward menyatakan bahwa asosiasi tersebut bukan merupakan badan endorsement dari perusahaan direct selling. Banding ini dianggap terlambat.

“Implikasi dari tujuh poin himbauan tersebut adalah asosiasi tidak bertanggung jawab terhadap anggotanya,” kata Yasmin.

Tim penyidik ​​kepolisian memperkirakan kerugian yang dialami 3.621 korban dalam kasus ini mencapai Rp 551 miliar.

Sementara itu, Bareskrim sejauh ini telah menyita aset senilai total Rp 307 miliar.

Jumlah itu terdiri dari uang tunai Rp 112 miliar dan aset komoditas Rp 195 miliar.

Selain itu, polisi menyita 20 kg emas, satu hotel, satu rumah, dan 14 mobil mewah.

konflik

Sementara itu, Yasmin menanyakan adanya ketidaksesuaian antara Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Babypetti) dengan Direktur Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN) Departemen Perdagangan tentang robot trading.

Menurut dia, Bappebti telah menyatakan bahwa bot komersial tidak boleh dijual di MLM dan ilegal.

Namun di sisi lain, Direktur Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN) Departemen Perdagangan justru mengeluarkan SUIPL kepada perusahaan robot perdagangan, memberi mereka legitimasi dan izin MLM.

Yasmin menambahkan, “Jadi ada kontradiksi di ‘rumah’ yang sama, yaitu Kementerian Perdagangan. Akibat kontradiksi ini, rakyatlah yang menjadi korban.”

Oleh karena itu, Jasmine memanggil Komite 6 Republik Demokratik Kongo kepada Menteri Perdagangan dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri AP2LI untuk meminta penjelasan.

Jasmine juga menegaskan, jika ditentukan DNA Pro menyalahgunakan SUIPL karena produk yang dijual berbeda dengan produk terdaftar, maka tidak boleh ada penghapusan terkait distribusi pesanan selama bertahun-tahun.

Dia berkata, “Saya tidak percaya bahwa Departemen Perdagangan (Bappebti) baru mengetahui bahwa DNA Pro menjual robot komersial. Di mana itu? Karena iklan dan sponsor DNA Pro bersifat publik dan dalam skala besar.” .

Mengapa pemerintah tidak bertindak tegas sebelum menambah jumlah anggota parlemen? Dia menambahkan, “Sebelum ditutup pada akhir Januari, pemerintah memberlakukan pembatasan memblokir situs pemasaran dan tidak efektif.”

4 file ditransfer

Dalam kasus ini, polisi menetapkan 14 tersangka. Tiga di antaranya masih masuk dalam daftar buronan DPO secara besar-besaran.

Sedangkan 11 orang sisanya ditangkap oleh unit investigasi polisi.

Berkas kasus empat dari total tersangka yang saat ini ditangkap telah dipindahkan ke Kejaksaan Agung saat ini.

Berkas tersebut dikirim pada Rabu (25/22-25-25).

“Berkas titipan itu milik tersangka RS, DA, YTS dan FYT,” kata Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Yuldi Yusman di Mapolres Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022). .

Yoldi juga mengatakan akan mengajukan gugatan terhadap tersangka lainnya.

Berkas para terdakwa yang tersisa diharapkan akan ditransfer minggu depan.

Yoldi mengatakan “Kami akan mengirimkan 4 file ke 7 tersangka pada hari Senin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *