October 2, 2022
Spread the love

Nunukan – Sebanyak 11 warga Bonn, Sulawesi Selatan berhasil diselamatkan Selasa pagi (17/5/2022) oleh Badan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI) Nunukan.

Sebelas warga telah ditangkap mencoba memasuki wilayah Malaysia secara ilegal.

AKBP F Jaya Ginting, Kepala BP2MI Nunukan, mengatakan 11 PMI diamankan di kawasan Dermaga Aji Kuning Sebatik Tengah.  situs judi slot terbaru

F Jaya Ginting bilang sampai jam 7 malam.

Menurut Ginting, wawancara dengan 11 PMI ilegal diberangkatkan dari Bonn ke Nunukan oleh Pelni.

Mereka bermalam di sebuah asrama di Nunukan, dan sekitar pukul 6 pagi, melalui WITA, melalui Bambang, ke Pulau Sebatik.

Katanya, “Saya naik speed boat dari Nunukan ke Pampangan. Saya terus naik mobil sewaan ke Aji Kuning. Begitu kami mencoba masuk ke pintu masuk dermaga Aji Kuning, dua anggota keluarga kami langsung diamankan.”

Genting mengatakan ada kelompok lain di dua mobil itu, bukan hanya 11 orang, yang dicegat staf BP2MI Nonukan.

“Ada dua mobil dan mereka kabur duluan. Bagaimana tidak, anggota kami terbatas. Satu pos dua orang. Tapi ketika saya tanya ke 11 orang, mereka tidak tahu siapa yang ada di kedua mobil itu. . Dia berkata ‘Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak.

garansi manual

Genting mengatakan hanya dua dari 11 direktur ilegal yang memiliki paspor. Lainnya memiliki jaminan pekerjaan dari majikan mereka di Malaysia.

“Ternyata mereka bekerja di Malaysia. Menurut informasi, ada yang pulang Januari, ada yang dari Malaysia, dan ada yang pulang Maret. Nah, yang menerima jaminan itu diberikan paspor karena takut majikannya kabur. pergi. “Mungkin karena dia sudah lama berada di kota ini,” kata Genting.

Ketika dua PMI ilegal dengan paspor kembali ke Indonesia, Kantor Imigrasi Tawau tidak menyalin paspor mereka terlebih dahulu.

“Bahkan jika Anda memiliki paspor, jika Anda meninggalkan Malaysia, Anda tidak dapat kembali karena Anda tidak memiliki salinan kantor imigrasi. Ini dianggap ilegal.”

Genting mengatakan pihaknya memiliki sistem untuk memfasilitasi manajer pembelian meninggalkan Malaysia tanpa salinan paspor.

Namun, Genting mengatakan pihaknya akan membahas sistem tersebut dengan Kantor Imigrasi dan Pendaftaran Kewarganegaraan Nunukan.

“Kami memiliki sistem cooldown period (COP) dan checkout note (COM). Bagaimana cara memastikan paspor PMI yang keluar dari Malaysia tidak dicap untuk dilegalisasi. Bagaimana memastikan tidak lagi digunakan oleh perantara. Tapi nanti pihak berwajib saya akan diskusikan dengan Anda, ”katanya.

“Ini software lama dari BP2MI Nunukan, tapi belum ada payung hukumnya, karena ini banyak terjadi di Nunukan saja,” imbuhnya.

BP2MI Nunukan Kembalikan 11 PMI Ilegal ke Rumah

Katanya, “Kita cek dulu anggarannya dan kembalikan kalau ada anggaran. Kalau tidak ada anggaran bisa minta bantuan UPT BP2MI di Makassar atau Barivari”, ujarnya.

Artikel ini mencakup 11 warga Sulawesi Selatan yang ditangkap oleh BP2MI Nunukan karena masuk ke Malaysia secara ilegal

Leave a Reply

Your email address will not be published.