October 2, 2022
Spread the love

Martapura – Polisi yang mengaku sebagai dokter dan menjalankan klinik dari rumah menangkap seorang pemuda di Uko Timur.

Tanpa meringankannya agar kebohongannya tidak ketahuan, rumah si penjahat memiliki banyak peralatan medis yang cukup lengkap.

Semua ini untuk memastikan bahwa dia tidak berubah menjadi dokter palsu.  slot deposit ovo

Tersangka berinisial YTP, 25 tahun, diketahui sebagai warga Desa Sri Dadi, Kecamatan Buay Madang, Timur Kabupaten OKU.

Tuduhan itu pertama kali muncul pada Selasa, 15 Maret 2022. Galeh Fatoni mendapat informasi bahwa ada orang di dalam rumah yang mengaku sebagai dokter dan mengonsumsi obat-obatan.

Kemudian dr. Galle Fatoni memeriksa aplikasi dokter untuk melihat apakah dia terdaftar.

Dari hasil konfirmasi tersebut, dipastikan orang (YTP) tersebut tidak terdaftar sebagai dokter.

Kemudian dr. Galih Fatuni meminta subjeknya, Idial SKM M.Kes, untuk menghubungi seseorang yang mengaku sebagai dokter untuk datang ke Puskesmas Sukaraja untuk menjelaskan praktik perawatan medis dan dokumen yang diperlukan.

Selain itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Oku Timur, Dr. Sugihartono bertanya kepada Ideal tentang kebenaran informasi tersebut.

Kemudian saya menjelaskannya kepada Dr. Ideal. Sugihartono kemudian mengatakan yang bersangkutan akan datang ke kantor UPTD Puskesmas Sukaraja.

Namun, ternyata YTP tidak menanggapi ajakan ke Puskesmas.

Kombes Pol Okio menjelaskan, melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP Apromico, polisi mendatangi rumah pelaku yang dijadikan tempat latihan bersama ketua OKU Institut IDI Timur.

AKP Apromico, Rabu (18/5/2022) ”Kami langsung memberikan klarifikasi kepada YTP terkait dokumen persetujuan dokter tersebut, namun yang bersangkutan tidak memiliki dokumen tersebut, sehingga kami mendapatkannya beberapa waktu lalu.”

Dari hasil penggeledahan tersebut, polisi juga menemukan alat kesehatan dan obat-obatan di rumah pelaku, dan langsung mengamankannya serta membawanya ke Polsek Oko-dong untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pelaku diancam dengan Pasal 78 ttg Pasal 73 (2) Undang-Undang Republik Indonesia. 29 Tahun 2004 dan/atau Undang-Undang Nomor 29 Republik Indonesia tentang Praktik Kedokteran. 36 Tahun 2014 Menenangkan petugas kesehatan.

Artikel tersebut bercerita tentang seorang pemuda yang mengaku sebagai dokter di OKU timur, yang ditangkap polisi dan membuka klinik di rumahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.