October 2, 2022
Spread the love

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berencana meniadakan stratifikasi yang dilakukan selama ini.

Penutupan ini diharapkan mulai berlaku pada Juli dan akan dimulai di 18 rumah sakit milik negara.  situs slot gacor 2022

Apakah pencabutan kategori 1, 2 dan 3 dapat meningkatkan pelayanan kesehatan BPJS sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat?

Rosanto Doi Handoyo, ekonom Universitas Irlanga (Unair), memberikan jawaban.

Menurut Rosanto, seksi kategori BPJS ini sesuai dengan UU Sistem Keamanan Nasional No. 11. April 2004 tentang ketentuan kategori standar.

Namun sayangnya selama ini BPJS Kesehatan memiliki banyak irisan di antara ketiga lapisan tersebut.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengatakan, “Misalnya Level 3 penuh, tetapi Level 2 ada kuota, jadi masukkan ke Level 2. Tentu saja, masalah sering muncul di area ini.” 

Menurut Rosanto, kelas standar bukan berarti kelas minimal.

Tingkat standar adalah tingkat pelayanan minimal yang harus dipenuhi oleh rumah sakit kepada pasiennya sebagai penerima BPJS.

“Saya berharap semua pihak dapat memberikan pelayanan terbaik melalui standarisasi yang sama,” ujar dosen ekonomi ini.

Dengan desegregasi, pengguna BPJS mendapatkan prinsip kesetaraan antar peserta yang berbeda.

Karena persyaratan standar ini juga tidak terlalu ketat, rumah sakit diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada pasien BPJS.

Misalnya jarak antar tempat tidur, tersedia meja kecil di samping tempat tidur, suhu ruangan 20-25 derajat, ventilasi dan penerangan tersedia, ruangan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, usia dan jenis penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.