September 26, 2022
Spread the love

JAKARTA, – Ketua Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

Jokowi melantik Zulkifli pada Rabu (15/6/2022) untuk membangunkan Muhammad Lutfi. Sebelum memegang jabatan Mendag, Zulkifli merupakan salah satu Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).  rtp slot gacor 2022

Sebelum diangkat menjadi Menteri Perdagangan, Zulkifli juga pernah menjadi anggota kabinet pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY).

SBY menunjuk Zulkifli sebagai sebagai 22 Okt 2009 sampai 1 Oktober 2014. Saat itu Zulkifli semogam Sambat Kaban karena masa pemberian Tuhan berakhir.

Saat menjadi Menteri Kehutanan, Zulkifli sempat diwawancarai oleh aktor Amerika Serikat Harrison Ford pada 2013.

Dalam wawancara, Ford yang merupakan pemeran utama film seri Indiana Jones itu meluapkan kekesalannya kepada Zulkifli, akibat kerusakan hutan yang terjadi di hutan Taman Nasional Tesso Nilo, Riau.

Rekaman video wawancara antara Ford dan Zulkifli pada 2013 itu kembali ramai disimak dan menjadi bahan perbincangan selepas pelantikan Ketua Umum PAN itu menjadi Mendag.

Masyarakat juga bisa dengan mudah untuk menyaksikan rekaman wawancara antara Ford dan Zulkifli melalui situs YouTube.

Potongan wawancara antara Ford dan Zulkifli itu direkam dan kemudian menjadi bagian dari film dokumenter berjudul Years of Living Dangerously.

AFP/FREDERIC J. BROWN Aktor Harrison Ford menghadiri pemutaran perdana film The Call of the Wild di El Capitan Theater, Hollywood, California pada 13 Februari 2020.

Ford memang khusus mengunjungi Indonesia untuk keperluan pembuatan film itu. Selain menyambangi hutan Taman Nasional Tesso Nilo, dia juga bertandang ke Pusat Rehabilitasi dan Reintroduksi Orangutan di Nyaru Menteng.

Menurut laporan, Ford saat itu sempat kesal dan meluapkan emosinya dengan naik ke meja Zulkifli. Namun, peristiwa itu terjadi bukan saat wawancara berlangsung.

Dalam potongan video rekaman yang diceritakan Ford menemui Zulkifli selepas menyaksikan hutan Tesso Nilo melalui helikopter. Saat itu Ford tercengang Carena Melihart Kawasan Hutan Lusak Carena Diramba.

Dalam pertemuan dengan Zulkifli, Ford mengajukan pertanyaan.

Ford membuka pembicaraan dengan memaparkan berupa fakta bahwa 80 persen hutan rusak dalam jangka waktu 15 tahun terakhir karena eksploitasi serta anggapan bahwa rusaknya hutan terjadi karena keterlaluan

Youtube Harrison Ford saat bertemu dengan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. Ia mengatakan kepada menteri bahwa dirinya telah mengunjungi Taman Nasional Tesso Nilo. Zulkipli Menangapi Dengan Tertawa. Ford menunjukkan sinis dan berkata, Itu tidak lucu.

Mengomentari pernyataan Ford, Zulkifli lebih banyak memberikan tanggapan terkait perkembangan Indonesia.

“Itu mungkin saja benar. Tapi Anda tahu kita baru berdemokrasi tetapi kita yakin kita akan mencapai titik seimbang dalam jangka panjang,” kata Zulkifli dalam wawancara itu.

Suasana dalam wawancara itu mulai tegang ketika ketika Ford mengatakan bahwa dirinya bersama kru film telah berkunjung ke Tesso Nilo dan melihat kondisi hutan itu. Zulkifli meresponsnya dengan gembira dan tertawa. Ford Menangapi Lexi Zulkipley Dengan Calimat Pendek.

“Itu tidak lucu,” kata pod.

Setelah Ford mengatakan hal itu, raut wajah Zulkifli Mulay Beruba.

“Hanya 18 persen hutan yang masih tersisa. Kami melihatnya, hutan yang terbakar, jalur penebangan ilegal, pohon yang tumbang, Sungghe menghancurkan serta menyayat hati,” kata Ford melanjutkan.

Zulkifli kemudian membalas pernyataan Ford dengan mengatakan pada awal kunjungan dia juga merasa kage.

Menurut Zulkifli, pemerintah saat itu terus berusaha mengatasi kerusakan hutan Tesso Nilo.

Ford kemudian menimpakan pernyataan itu kepada Zulkifli dan mengatakan bahwa perusakan hutan Tesso Nilo telah terjadi beberapa llama dan kemungkinan besar akan diberikan waktu untuk mengatasinya, bukan membiarkannya.

pernyataan Ford, Zulkifli kemudian membhas lagi tentang demokrasi. Menurut Zulkifli, saat itu sedang terjadi surplus demokrasi, bahwa orang bebas berbuat.

Zulkipli Lalu Mengatakan Mereka Berusaha Terus Mengatasi Masala Hutan Tessonillo.

Ford Kemudian Nampak Tak Bisa Ragi Menembunikan Kemarahanya.

“Oke Jadi Anda Siab-Siap Kala Dallam Pertarungan?,” Tanya Ford.

Zulkifli pun kemudian menjawab singkat, “Yes.”

Kemudian Ford masih menyimpannya sebelum akhirnya berkasnya dan pergi untuk menyudahi wawancara itu.

Menurut data Organisasi nirlaba Greenomics, pada saat menjadi Menteri Zulkifli menerbitkan izin kehutanan sebesar 1,64 juta hektare.

Jumlah hutan yang dilepas untuk kawasan hutan ini jauh lebih banyak dibandingkan era BJ Habibie (1998-1999) seluas 763.041 hektare02, Abdurrahman Wahid (1999-2001) seluas-luasnya

Sementara catatan KLHK sepanjang 2014-2020 atau di era Presiden Jokowi, jumlah kawasan hutan tersebut yakni seluas 619.357 hektar.

Jumlah kawasan hutan yang dilepas di era SBY hanya kalah dari Presiden Soeharto, di mana sepanjang 1984-1998 ada 3.468.801 hektare hutan yang dilepas pemerintah.

Pelepasan Kawasan Hutan adlah perubahan peruntukan kawasan hutan produksi yang dapat diubah menjadi bukan kawasan hutan, seperti untuk peruntukan pembukaan perkebunan kelapa sawit.

Selain Izin Pelepasan Kawasan Hutan, pemerintah juga Member Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

IPPKH adalah izin yang diberikan untuk menggunakan kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan di luar kehutanan tanpa menguba fungsi dan peruntukan kawasan hutan.

Izin IPKH dapat diberikan pemerintah untuk keperluan tambang maupun non-tambang antara lain keperluan lahan jalan tol, jalan umum, jaringan telekomunikasi, jaringan listrik, migas, dan panas bumi (geothermal).

Jumlah IPPKH melonjak di dua periode pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan luas mencapai 322.169 ha yang meliputi peruntukan tambang 305.070 ha Dan 17,097 ha yang sebagai kawasan non-tambang

(Penulis: Muhammad Idris | Editor: Muhammad Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published.