October 2, 2022
Spread the love

Ketua Panitia 10 DPR, Sayyaf Al-Huda, mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membatalkan pidato kenaikan tarif Candi Borobudur menjadi Rp750.000 untuk turis domestik dan $100 untuk turis asing. Hoda percaya bahwa ada langkah politik untuk melestarikan kuil selain menetapkan harga tiket.  slot gacor terbaru

“Kami tentu sangat mengapresiasi langkah tegas yang diambil Presiden Jokowi dengan membatalkan retorika tentang tarif penambahan candi Borobudur yang dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Bi Panjaitan beberapa waktu lalu. Kami yakin ada banyak cara untuk melakukannya. lestarikan candi,” kata Huda dalam keterangan tertulis, Rabu (15/6/2022), bahwa alih-alih mengenakan tarif tinggi kepada wisatawan yang ingin mengunjungi candi, naiklah ke stupa Borobudur.

Huda menilai penerapan tarif yang lebih tinggi akan mengurangi risiko kerusakan Candi Borobudur. Menurut dia, upaya pengamanan struktur bangunan candi berarti pengurangan jumlah pengunjung.

Politisi PKB itu mengatakan, “Tidak ada jaminan tarif yang lebih tinggi akan mengurangi risiko kerusakan candi Borobudur. Ketegasan dalam melindungi Borobudur harus diterjemahkan dengan membatasi jumlah pengunjung menurut studi Balai Konservasi Borobudur.”

Huda menegaskan, kebijakan kenaikan tarif masuk ke Candi Borobudur nantinya akan menimbulkan diskriminasi sosial dan dapat membatasi peribadatan umat Buddha.

“Nantinya Borobudur hanya bisa dinikmati oleh mereka yang punya uang. Bahkan bagi umat Buddha, kebijakan tarif tinggi akan mengancam kebebasan mereka beribadah di kawasan Candi Borobudur,” kata Huda.

“Jadi keputusan Presiden Jokowi untuk membatalkan pidato tarif pendakian ke Candi Borobudur ini sejalan dengan aspirasi mayoritas masyarakat,” imbuhnya.

Hoda berharap para pemangku kepentingan Candi Borobudur duduk bersama untuk merumuskan secara matang pengelolaan destinasi wisata favorit ini. Ia mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Boko (Persero) harus segera bertemu untuk memastikan aspek komersial pariwisata tetap terjaga. sejalan dengan konsep perlindungan salah satu keajaiban dunia.

Al-Huda menegaskan pihaknya akan terus melakukan pengawasan agar kebijakan yang dikeluarkan tetap menjaga kelestarian Candi Borobudur dan kepentingan destinasi wisata.

“Kami dari Pansus 10 DPR RI akan terus melakukan pengawasan agar kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dapat terus melestarikan Borobudur dan melindungi kepentingan para pelaku pariwisata di daerah,” ujarnya.

Tonton video “Tarif Masuk Candi Borobudur Rp 750.000 Dibatalkan”:

[Gambar: video 20 detik]

Leave a Reply

Your email address will not be published.