January 28, 2023
Spread the love

Komisi X DPR menyetujui RAPBN TA 2023 Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) sebesar Rp 675,9 miliar. Persetujuan ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perpusnas di Gedung Nusantara I, Jakarta (6 Februari 2022).

Komisi X DPR RI juga mengajukan proposal usulan anggaran Perpusnas dalam RAPBN TA 2023 sebesar Rp 2,7 triliun.  slot gacor terpercaya 2022

Komisi X berharap persetujuan pagu dan anggaran ini dapat digunakan Perpusnas untuk memperkuat literasi dan sumber daya manusia (SDM) perpustakaan.

“(Curena) Minum setengah pil Willaya Yang Bellum Mendapat Kesempatan Untuk Mendirikan Purpustakan,” Tambanya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan, meminta perpusnas agar tidak hanya memprioritaskan pembangunan fisik perpustakaan, tetapi juga pembangunan SDM.

Anggota DPR Fraksi Partai NasDem, Ratih Megasari Singkarru juga menyampaikan dukungannya atas pembangunan SDM melalui pembinaan pustakawan. mendukung Perpusnas dapat melakukan pendataan pustakawan di seluh Indonesia.

Kesejahteraan Pustakawan Dan Bantuan Buku

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, juga mengingatkan agar anggaran Perpusnas pada tahun 2023 tidak hanya fokus di pembangunan fisik, melainkan kesejahteraan pustakawan.

Di sisi lain, Anggota Parlemen Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Mustafa Kamal, mengatakan bantuan buku masih sangat didambakan masyarakat di daerah terutama untuk masjid, sekolah, dan pusat bacaan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, mengatakan usulan peningkatan dan tambahan anggaran merupakan upaya Perpusnas dalam memenuhi kebutuhan buku, terutama permintaan dari sekolah, perpustakaan desa,

Menurutnya, ini merupakan upaya menggaungkan literasi dan peningkatan gemar membaca yang melibatkan komponen masyarakat.

“Karena kendala di masyarakat kekurangan bahan bacaan. Kalau ini dapat diatasi, dapat memenuhi kepentingan bersama, terutama peningan kabage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *