September 26, 2022
Spread the love

Menteri Pertahanan Lee Jong-seop mengatakan bahwa Korea Selatan akan memperkuat kemampuan pertahanannya dan bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Jepang. Ini sebagai tanggapan atas ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.  slot gampang menang

Lee mengungkap fakta ini, mengutip Reuters, pada pertemuan terkait keamanan Asia yang diadakan di Hotel Shangri-La di Singapura pada Minggu, 6 Desember 2022. Dia mendesak Korea Utara untuk segera menghentikan program nuklir dan misilnya, karena situasi di Semenanjung Korea merupakan ancaman global.

Amerika Serikat memperingatkan bulan ini bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan uji coba nuklir ketujuh. AS mengatakan akan mendorong sanksi PBB lebih lanjut jika itu terjadi.

Dalam pidatonya, Presiden Lee mengatakan, “Pemerintah kami akan memperkuat pencegahan yang diperluas dari Amerika Serikat, dan kami akan memperkuat kemampuan respons militer kami untuk mencegah ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.”

“Saya berharap Korea Selatan, AS, dan Jepang akan memperkuat kerja sama keamanan dalam menanggapi program nuklir dan rudal Korea Utara,” tambahnya.

Korea Utara mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mereka telah menunjuk menteri luar negerinya sebagai kepala negosiator nuklir menyusul janji Ketua Kim Jong-un kepada partai yang berkuasa bahwa ia akan menggunakan “kekuatan untuk kekuasaan” untuk melawan ancaman Korea Utara terhadap kedaulatan.

Korea Utara telah melakukan setidaknya 18 tes senjata tahun ini, menggarisbawahi pertumbuhan persenjataan nuklir dan misilnya.

Presiden Lee mengatakan Korea Selatan siap memberikan bantuan ekonomi kepada Korea Utara jika Korea Utara mengakhiri program nuklirnya.

“Jika Korea Utara membuat kemajuan substansial dalam denuklirisasi, pemerintah kami akan mendorong maju dengan rencana berani yang secara dramatis dapat meningkatkan ekonomi Korea Utara dan kualitas hidup rakyatnya,” kata Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.