October 7, 2022
Spread the love

Presiden terpilih Filipina Ferdinand Marcos Jr. akan menerapkan resolusi internasional tentang China di Laut China Selatan yang disengketakan. Dia mengatakan dia tidak akan membiarkan China mengganggu hak maritim Manila.

Seperti dilansir AFP, Kamis (26 Mei 2022) Marcos mengatakan dalam wawancara dengan media lokal: Dia pikir keputusan ini baik untuk negaranya.  situs slot gacor hari ini

Marcos mengatakan kepada pers lokal: “Kami akan membuat keputusan yang sangat penting yang menjadi kepentingan kami dan akan menggunakannya untuk terus menegaskan hak teritorial kami. Ini bukan klaim. Ini sebenarnya hak teritorial kami.”

China dilaporkan mengabaikan keputusan Pengadilan Arbitrase Permanen tahun 2016 di Den Haag. Keputusan tersebut menyatakan bahwa klaim historisnya tentang sebagian besar Laut Cina Selatan tidak berdasar.

Sebelumnya, Presiden Rodrigo Duterte yang akan mengundurkan diri mengesampingkan keputusan tersebut dengan imbalan janji perdagangan dan investasi yang menurut para kritikus belum terwujud.

“Kami tidak akan kehilangan satu milimeter pun dari hak lepas pantai kami,” kata Marcus.

“Kami berbicara tentang China. Kami berbicara dengan China terus-menerus dengan suara tegas,” katanya.

“Kita tidak bisa berperang dengan mereka. Itu hal terakhir yang kita butuhkan saat ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.