December 2, 2022
Spread the love

Secara khusus, ada permintaan yang meningkat untuk investasi yang lebih hati-hati dalam merek yang diakui oleh seniman. Itu karena banyak artis akhir-akhir ini terpikat pada investasi penipuan dan permainan keuangan. Belum lama ini ramai diberitakan tentang investasi Cam dan Cam, yang membuat nama-nama seperti Ello bergabung dengan Pinkan Mambo.  slot gacor terbaru

Sejauh ini, investasi curang tetap menjadi ancaman yang mengintai di antara orang Indonesia yang kurang sensitif dan berpendidikan. Dan karena keuntungan dan imbalan yang dijanjikan besar, mereka terburu-buru untuk melakukan investasi besar dan menyebabkan kerugian.

Tungam L. Toping, Kepala Satgas Waspada Investasi, menjelaskan selama satu dekade terakhir, masyarakat Indonesia merugi Rp 117,5 triliun dalam penipuan investasi. Kerugian dihitung dari akhir 2011 hingga 2021.

Tongham mengatakan banyak yang menjadi korban penyamaran MLM, dan ini masih terjadi. Satgas Siaga Penyidikan terus mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak atau tertipu lagi. Ia lebih tertarik berinvestasi karena mendapat dukungan dari beberapa artis.

Tongam Eltobing menggambarkan ciri-ciri perusahaan direct selling/multi level marketing (MLM) yang baik/benar. Salah satunya adalah menjual atau membuat produk transparan, kemudian mendaftarkannya ke Departemen Perdagangan dan mendapatkan izin edar dari BPOM untuk produk makanan, minuman, farmasi, dan kosmetik.

Audiens juga perlu memperhatikan reward yang selalu eye-catching. Ada dua jenis penghargaan untuk MLM yang baik dan MLM yang benar. Yaitu, imbalan aktif dari penjualan produk dan imbalan pasif dari omset penjualan, pembelian produk kelompok atau jaringan.

Selain itu, bonus insentif marketing plan hingga 40%, diikuti dengan bantuan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota atau tenaga kerja bagi anggota. Akhirnya, perusahaan telah memperoleh izin yang sesuai, dalam hal ini Surat Kuasa Penjualan Langsung (SUIPL) dari Kementerian Perdagangan RI.

Berbeda dengan bisnis money game, produk yang dijual adalah patch atau cover trade. Karena bonus aktif hanya dapat diterima dengan menunjuk anggota, bonus pasif diterima sebagai persentase dari nilai investasi. Selain itu, pendapatan bonus dari pembayaran tidak ada artinya.

“Contoh hasil bonus yang dibayarkan adalah 1 minggu dan 10%, 3 minggu dan 20%. Seorang member juga bisa memiliki lebih dari satu akun atau mendaftar berkali-kali,” jelas Tongham.

Saat ini ada banyak tawaran investasi di koperasi, logam mulia, dan permainan uang yang menyamar sebagai MLM. Dia berjanji untuk melakukan deposit besar untuk bonus yang dia dapatkan dari merekrut anggota baru, dan kemudian mendapat penghasilan besar sebagai bonus untuk merekrut.

“Ciri lain dari money game MLM adalah tidak memiliki SUIPL atau izin penjualan langsung dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, tetapi sudah beroperasi secara komersial di Indonesia, dan produk tidak memiliki distribusi. izin dari BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan,” tegas Tongam.

Satu hal yang menarik perhatian saat ini adalah MLM di Turki yang disebut ONE MORE International. MLM saat ini aktif merekrut anggota dan belum mendapatkan izin dari Departemen Perdagangan hingga izin edar BPOM diterbitkan. Jika Anda melihat apa yang telah diunggah ke Twitter, Anda akan melihat banyak pemimpin puncak memamerkan penghasilan mereka dalam dolar AS. Netizen meninggalkan komentar yang mempertanyakan legitimasi perusahaan asing tersebut.

Audiens yang mengetahui praktik bisnis MLM juga didorong untuk melapor ke Satgas Waspada Investasi OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *