September 26, 2022
Spread the love

DEPOK, – Ari, 45, pedagang sembako di Depok Pasar Agung, mengaku tidak menjual minyak goreng curah yang disubsidi pemerintah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000. per liter.

Menurutnya, pendaftaran calon pembeli hanya mempersulit dirinya sebagai pedagang. Pasalnya, ia hanya bekerja dengan istrinya yang tidak memiliki karyawan. agen slot gacor

Bahkan, lanjut Ari, calon pembeli minyak goreng bersubsidi harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Selain itu, mengantri setelah menulis permintaan konsumen tanpa membaca (informasi pembeli),” tambah Ari. “Menjengkelkan juga.”

Karena harga minyak goreng juga sudah turun.

“Minyak goreng curah Rp 18.000 per kg. Ya turun total harga di Lebaran. Rp 22.000. Dan kalau minyak kemasan sama dengan di supermarket sekitar Rp 46.000 per 2 liter, atau 48.000. liter..”

Di sisi lain, Ari mengatakan pasokan minyak goreng bersubsidi biasanya dilakukan oleh pengelola Pasar Agung. Sehingga tidak sulit bagi penjual makanan untuk mendapatkannya.

“Saya tidak yakin kalau subsidi (minyak goreng) biasanya didukung oleh orang pasar (pengelola), tapi kadang mereka juga mencarinya. Jadi saya tidak perlu mencari ke luar karena membantu di sini juga,” katanya .

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Mohamed Lutfi telah menyatakan bahwa Peraturan Menteri Perdagangan (Kamindagh) No. 2022 untuk sementara melarang ekspor minyak mentah, minyak sawit olahan, minyak sawit yang diputihkan dan dihilangkan baunya, serta minyak sawit yang dimurnikan, diputihkan, dan dihilangkan baunya. Dibatalkan 22. dan minyak goreng bekas.

“Kami mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan ekspor CPO dan turunannya, dan kami mencabut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022. Pengaktifan kembali ekspor CPO dan turunannya akan dimulai pada 23 Mei 2022 sesuai arahan Presiden. Menteri regulasi perdagangan,” kata Lotfi. Sabtu (21 Mei 2022) menurut Antara.

Dia menjelaskan, Permendag baru akan mengatur regulasi terkait emiten terdaftar, ketentuan mengenai domestic market obligation (DMO) dan turunannya, serta mekanisme pengawasan yang melibatkan aparat penegak hukum.

Lutfi mengatakan, Departemen Perdagangan akan terus memperluas akses penjualan minyak goreng grosir melalui program Migor Rakyat dengan badan usaha milik negara dan pelaku komersial.

Program ini menggunakan teknologi aplikasi digital dan sinkron di tingkat nasional dalam pelaksanaannya.

“Setiap orang bisa membeli 1-2 liter minyak goreng sehari dengan menunjukkan KTP,” ujar perwakilan Lofi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.