October 7, 2022
Spread the love

Nama pahlawan Betawi, Bang Bitung, telah diabadikan sebagai nama jalan di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat. Sebelumnya, nama Bang Pitung digunakan untuk menggantikan nama Jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jakarta Selatan).

Pemkot Jakarta Barat (Pemkot) Jakarta Barat telah mengabadikan Bang Pitung sebagai nama jalan di kawasan Rawa Belong untuk menghormati sang pahlawan.  link slot gacor 2022

Ahmad Syarubi, Direktur Dinas Kebudayaan Jakarta Barat, Rabu (22/6) mengatakan, “Jangan lupa nama-nama yang berjasa kepada kita. ). 2022).

Pencanangan nama pahlawan sebagai metode, kata dia, berawal dari gagasan Presiden DKI Jakarta Anis Baswedan yang menghimbau kepada masyarakat dan jajarannya untuk menghormati jasa para pahlawan.

Idenya adalah untuk mengubah nama jalan di Jakarta Barat menjadi Hero. Ia mengatakan, banyak nama yang mengusulkan agar nama-nama pahlawan diabadikan sebagai nama jalan.

“Ada nama Guru Majid, Guru Makmoun dan Jund al-Batawi. Mereka adalah orang-orang yang menyebarkan agama Islam di wilayah Betawi,” ujarnya.

Kemudian masyarakat mengusulkan nama Pitung sebagai nama jalan. Usulan itu dibuat oleh sekelompok sanggar seni bela diri di Raoh Belong.

Pitung telah diusulkan oleh beberapa sanggar Silat di Rawa Belong.

Syaropi menilai kepribadian Pitung sangat berpengaruh di daerah. Bitung diyakini berperan dalam mengembangkan Silat Rawa Belong ke wilayah lain di Jakarta.

Betung juga dikenal sebagai samurai yang ahli dalam seni bela diri dan melawan penjajah untuk melindungi warga.

Untuk itu, Pemerintah Kota Jakarta Barat dan warga sepakat mengganti nama jalan di Kecamatan Rawa Belong menjadi Jalan Bang Bitung.

Nama Bitung juga telah diabadikan sebagai nama jalan di Jakarta Selatan. Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.