September 28, 2022
Spread the love

JAKARTA, – Antrean penumpang di Stasiun Mangarai sore ini padat ketika perubahan rute monorel (KRL) mulai berlaku pada Sabtu pertama (28 Mei 2022).

Kepadatan terjadi di peron 6 dan 7 Stasiun Mangarai yang merupakan titik transit atau transfer bagi pengguna KRL.  rekomendasi situs slot gacor 2022

Sebagai informasi, peron 6 merupakan jalur KRL menuju Sudirman, Tanah Abang dan Jatinegara serta peron 7 merupakan jalur KRL menuju Jatinegara, Bekasi dan Cikarang.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sekitar pukul 15:22 WIB WIB, staf PT KCI (Kereta Penumpang Indonesia) menerapkan sistem buka tutup lantai dua atau peron 6 dan 7.

Petugas polisi menutupnya dengan rantai kuning memanjang dari sisi ke sisi di dua pintu masuk area peron.

Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi berkumpulnya penumpang di peron.

Sementara itu, petugas PT Keretta Commuter Indonesia (KCI) dan TNI memberikan arahan bagi pemudik yang hendak menyeberang ke tujuan masing-masing.

Bahkan, ia mendengar beberapa petugas dengan amplifier memberikan informasi kepada pengguna KRL.

Penumpang yang antre di Dermaga 6 dan 7 Stasiun Mangarai berdiri di antrean yang disediakan oleh petugas polisi dan diawasi dengan tertib sebelum berganti kereta.

Taufik, seorang penumpang KRL di Bogor yang melintasi stasiun Manggarai, mengatakan stasiun itu penuh sesak dengan penumpang karena perubahan rute KRL.

“Kalau ke Sudirman, biasanya tidak menyeberang,” kata Tewfik. “Sekarang lalu lintas di simpang itu ramai.”

Sebelumnya diberitakan, rute kereta api listrik penumpang (KRL) mengalami perubahan dan akan dilaksanakan mulai Sabtu, 2022/5/28.

Perubahan ini dilakukan sesuai dengan rencana menjadikan stasiun sebagai stasiun pusat dengan menerapkan 5th switch (SO) di stasiun Mangarai.

Perubahan lajur terjadi pada ruas jalan Bogor/Depok dan Cikarang/Bekasi.

VP, Office of Corporate Communications KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penerbangan KRL melalui Bogor hanya tersedia untuk koneksi Bogor, Depok dan Nambo ke Jakarta Kota melalui Stasiun Mangarai.

“Semua penerbangan KRL pada rute ini akan dilayani dari peron 10, 11, 12 dan 13 di Stasiun Mangari,” kata Ann.

Karena itu, KRL feri ke Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Kampung Pandan ditiadakan.

“Pengguna yang menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jatingara dan Stasiun Bekasi bisa menyeberang di Stasiun Manggarai dan menunggu KRL berangkat dari Dermaga 6 atau 7,” kata Ann.

Leave a Reply

Your email address will not be published.