September 26, 2022
Spread the love

– Obesitas atau kelebihan lemak masih menjadi masalah serius. Hal ini karena obesitas dapat menyebabkan komplikasi serius ketika berubah menjadi obesitas.

Komplikasi yang akan dihadapi penderita obesitas dapat berupa tekanan darah tinggi, hiperlipidemia, kanker, diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan penyakit sendi pada pasien lanjut usia.  slot gacor 2022

Tim peneliti yang dipimpin profesor Dyah Iswantini Pradono bersama 11 anggota Institut Pertanian Bogor (IPB) lainnya berhasil menciptakan jamu untuk pengobatan obesitas, menggabungkan asam gelguric dan ekstrak rimpang pipet.

Penelitian ini didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan (LPDP) melalui Program Pendanaan Riset Inovasi Produktif Undangan (Rispro).

Masyarakat kita (Indonesia) selalu mengenal akar sebagai obat tradisional atau jamu. “Makanan khas daerah kita manfaatkan sebagai salah satu bentuk pengembangan makanan khas daerah,” ujarnya.

Berdasarkan hasil penelitiannya, Dr. Dyah menemukan formulasi baru kombinasi ekstrak asam gelugor dan kunci pepet untuk mengobati kembung.

Kombinasi kedua ekstrak telah berhasil dengan dosis terbaik untuk menurunkan berat badan.

Salah satu anggota tim, Novriyandi Hanif menjelaskan ciri-ciri utama pepet. Dikatakannya, kunci pepet mengandung senyawa aktif dari golongan flavokawain chalcone.

Senyawa ini memiliki kemampuan untuk melawan obesitas. Menurutnya, kombinasi senyawa aktif peptida tumbuhan utama (flavocaine) dengan senyawa aktif asam glukorat (HCA) menghasilkan efek anti-obesitas yang mengejutkan dan mampu menghilangkan lemak, terutama di daerah perut.

semua. Dyah mengklaim kedua bahan tersebut telah diuji toksisitasnya, sehingga obat tersebut tidak akan menimbulkan efek samping.

“Selain efektif menghilangkan lemak berlebih, penggunaan produk ini sudah teruji toksisitasnya tanpa efek samping,’ katanya.

Seorang pengajar di IPB University menjelaskan bahwa uji toksisitas merupakan pengujian untuk mengetahui efek toksik pada produk yang diuji.

Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menentukan batas aman suatu zat sehingga dapat ditetapkan batas penggunaan obat.

semua. Dia menjelaskan, produk ini akan menjadi milik masyarakat karena menggunakan bahan-bahan yang bersumber dari negara.

“Asam Gelugur adalah rimpang yang biasa ditemukan dalam bumbu masakan, penyedap minuman dan kosmetik. Pepit utamanya mengandung bumbu rimpang yang digunakan dalam jamu. Jadi semua tanaman yang membuat jamu ini mudah ditemukan. Untuk pelangsingan di sekitar kita. “

Penelitian ini bekerja sama dengan perusahaan farmasi, khususnya PT, sebagai mitra penelitian. Indo Farmasi TPC.

Perusahaan ada untuk memproduksi bahan mentah dan mempromosikan produk mereka.

Sementara itu, PT Indofarma Tbk, Medina menjelaskan bahwa obat tersebut saat ini sedang dalam proses upgrade ke skala percobaan.

“Misi kami adalah untuk mencapai optimalisasi pembuatan bahan baku dan secara bertahap beralih ke skala percobaan, dan tujuannya adalah untuk mencapai titik optimal untuk produk herbal standar ini, ”jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.