September 28, 2022
Spread the love

JAKARTA, – Pemasangan girder box KA Jakarta-Bandung Ekspres (KCJB) mengganggu arus lalu lintas di jembatan penyeberangan Antilope di Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi.

Kotak gelagar jembatan sangat rendah, hanya 1,7 m di atas permukaan jalan.  pola slot gacor

Karena itu, hanya mobil dan sepeda motor dengan atap rendah yang bisa melintasi jembatan.

Kendaraan lain harus berbelok dan mencari rute lain.

Pengendara sepeda motor yang lewat juga terlihat menundukkan kepala saat melintas di bawah girder.

Imam, 32 tahun, pengendara sepeda motor, mengatakan setiap melintasi Jembatan Antelope, mereka harus menundukkan kepala dan ekstra waspada.

“Selain itu, saya takut kena kepala karena jarak kepala dengan mistar sangat dekat,” kata Imam kepada , Rabu (15/6/2022) di situs.

Ia pun membayangkan kegagalan eksekusi akan membuat mistar gawang roboh.

“Takutnya tiba-tiba tenggelam. Dan kalau jatuh, ujungnya juga ke jalan tol,” katanya.

Pengendara sepeda motor lain bernama Rizki mengaku baru pertama kali melihat pengerjaan girder box. Redsgui juga mengaku sangat khawatir saat melintasi jembatan antelop.

“Saya baru pertama kali melihat ini,” kata Rizki di lokasi, Selasa, “Saya sangat khawatir karena saya takut konstruksinya runtuh.”

Berdiri di jalan tol, Jembatan Antelope menghubungkan wilayah Pondok Gedi dan Kalmalang.

Sekretaris Desa Jatikembaka RW02 Bakhtiar Osman mengatakan Jembatan Antelope merupakan pintu masuk utama pergerakan warga.

“Tidak, warga tidak mau ditutup. Kalau ditutup rekayasa lalu lintas sangat padat dan ini gerbang utama,” kata Bakhtiar seperti dikutip Tribun Jakarta.

Warga juga menolak menutup jembatan karena jalur alternatif untuk menyeberangi jembatan terlalu jauh.

Kendaraan yang tidak dapat melintasi Jembatan Antelope harus menempuh perjalanan lebih lama.

Berikut adalah jalan memutar lalu lintas di sekitar Jembatan Antelope.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), pelaksana proyek kereta cepat Jakarta Bandung, akan membangun jembatan baru untuk menggantikan Jembatan Antelope yang saat ini tertutup untuk kendaraan besar.

Namun, bisa dikatakan terlambat karena pembangunan jembatan baru akan selesai dalam dua bulan.

Menteri PT KCIC Rahdian Ratri mengatakan pada Selasa (14/6/2022) bahwa “Pembangunan jembatan baru sedang berlangsung untuk menggantikan Jembatan Antelope dan akan selesai pada 10 Agustus 2022.”

Radian mengatakan, jembatan baru tersebut masih dalam proses pembangunan karena ada beberapa pertimbangan teknis terkait proses perizinan antardepartemen yang harus dilaksanakan.

Saat ditanya mengapa girder box tidak dipasang setelah jembatan baru selesai dibangun, Al Rahadian mengatakan pihaknya hanya mengikuti jadwal untuk menghindari keterlambatan proyek.

Al-Rahdian mengatakan “karena pemasangan box girder selesai pada waktu yang ditentukan”.

Radian juga mengaku, sebelum pemasangan girder box, pihak perusahaan konstruksi telah melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan Pemkot Bekasi dan warga sekitar.

Departemen Perhubungan juga dihubungi.

“Selain itu, diterapkan juga pengamanan 24 jam (3 shift) untuk menjamin keselamatan warga saat menyeberang,” kata Al Rahdian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.