October 2, 2022
Spread the love

Kemunculan nasi Padang babi disebut telah membuat orang Minangkabau. Kenappa Sevavnya Perkara Cooliner Ini Membuat Orang Minang Mara?

Diketahui, nasi Padang atau masakan Padang pada umumnya memang halal. Padang adalah nama daerah di Sumatera Barat dengan demografi penduduk muslim dari etnis Minangkabau.  web slot gacor

Menu masakan Padang tak hanya ditemukan di Sumatera Barat saja namun juga di seluuh Indonesia bahkan mancanegara. Semua masakan Padang halal, hingga hari ini mencuat adanya restoran bernama Babiambo Kelapa Gading di layanan pesan antar-daring. Babiambo Kelapa Guarding Meniediakan Nasi Padang Bobby Yang Gelas Tidak Halal.

Anggota DPR dari Sumatera Barat menyatakan ‘makanan Padang nonhalal pertama’ itu melukai perasaan masyarakat Minang, merusak etika, dan menyalahi budaya. Pokoknya nasi Padang babi bikin penasaran orang Minang.

Budayawan Minang dari Universitas Andalas, Profesor Gusti Asnan, menjelaskan eksistensi nasi Padang babi itu karena budaya Minangkabau identik dengan Islam. keberadaan nasi Padang yang tidak halal sama saja terhadap budaya Minang yang bercorak Islami itu.

“Saya rasa Urang Awak pantas atau marah dengan penamaan kuliner Minang dengan Nasi Padang Babi.” kata Gusti Asnan kepada detikcom, Jumat (10/6/2022).

Dia menjelaskan bahwa penamaan Babiambo itu dirasanya meninggung perasaan. Soalnya, arti Babiambo Adala ‘Bobby Saya’. Padahal yang betul, Urang Awak pasti tidak punya babi.

“Penaman Babiambo itu lebih menyakitkan,” kata Gusti Asnan.

Dia pastekan, tidak ada orang Minang yang tidak Islam. Orang Minang Harusla Islam, Villa Tidak Islam Maca Bukan Orang Minang. Bila ada orang Minang yang keluar dari Islam maka dia tidak lagi disebut sebagai orang Minang dan sangat sedikit.

“Secara umum, bisa dikatakan hampir semua orang Minang adalah muslim,” kata dia.

Wakil Ketua Yayasan Pusat Kebudayaan Minangkabau, Hasril Chaniago, menjelaskan tanggal falsafah ‘adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah’ yang artinya ‘adat berdasar islam ber dasar.

“Karena itu semua, kuliner Minang harus halal,” kata Hasril Chaniago, dihubungi detikcom secara terpisah.

Di luar masakan Padang, ada masakan Cina Halal, Masakan Korea Halal, ataupun masakan Manado Halal. Namun demikian, masakan Padang tidak bisa sebaliknya. Masakan Padang harus halal tanpa ada versi haramnya. Villa Ada Yang Hendak Menjual Makanan Haram, Maka Tidak Bole Memba dan Namah Minang Dan Padang. Menurutnya, kuliner nasi Padang babi itu memancing.

“Sekarang Kami Melalui Berbagay Komponen Masharakat Minang Sedan Meniabkan Langka-Langka Hukum,” Kata Hasril Chaniago.

Leave a Reply

Your email address will not be published.