December 4, 2022
Spread the love

Jakarta – Apakah Lumba-lumba Yuriko Tahu Cara Mengenali Teman?

Ternyata mereka melihat kawanan domba dengan cara yang unik – bersiul dan bersiul.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Advances menemukan fakta menarik tentang bagaimana lumba-lumba Yuriko mengetahui keberadaan teman-temannya.  bo slot gacor

Menurut Fizz, Jumat (22/5/2022), peneliti mengatakan jika dilihat dari kejauhan, lumba-lumba mengenali temannya melalui rasa urin dan siulan khas mereka.

“Lumba-lumba membuka mulut mereka dan mengambil sampel urin lebih lama daripada lumba-lumba yang dikenal daripada lumba-lumba yang tidak dikenal,” kata penulis pertama studi Jason Brooke, dari Austin State University, Texas.

Penemuan ini juga penting karena merupakan bukti bahwa vertebrata pertama dikenali secara sosial melalui rasa.

Para peneliti mengatakan penggunaan rasa mungkin sangat berguna di lautan di mana gumpalan urin bertahan selama beberapa waktu setelah hewan itu pergi.

Ini membantu lumba-lumba untuk mengenali keberadaan entitas lain, meskipun lumba-lumba tidak menyuarakan keberadaan entitas lain.

Dalam studi ini, tim peneliti mempresentasikan delapan lumba-lumba yang terpapar sampel urin dari individu yang dikenal dan tidak dikenal.

Akibatnya, para peneliti menemukan bahwa mereka menghabiskan waktu sekitar tiga kali lebih banyak untuk mengumpulkan sampel urin dari lumba-lumba yang mereka kenal.

Pemeriksaan alat kelamin, di mana lumba-lumba menggunakan rahangnya untuk menyentuh alat kelamin orang lain, biasa terjadi dalam interaksi sosial.

Perilaku ini memberikan kesempatan besar untuk belajar mencicipi urin lumba-lumba lain.

Pada bagian kedua percobaan, tim menghubungkan sampel urin dengan rekaman peluit berbeda yang diputar melalui speaker bawah air.

Peluit mencocokkan lumba-lumba dengan sampel urin yang sama.

Hasilnya adalah lumba-lumba tinggal lebih dekat lebih lama ketika suaranya cocok dengan sampel urin.

“Tidak setiap hari para ilmuwan mencari bukti penggunaan sinyal dalam sistem bicara non-manusia. Ini sangat menarik,” kata Brooke kepada AFP.

Lumba-lumba memiliki dunia sosial yang kaya. Jadi, mengenal seorang teman bisa sama bermanfaatnya dengan mengenal musuh potensial.

Lantas, bagaimana urine bisa menjadi ciri khas lumba-lumba? Tim menunjukkan bahwa lipid mungkin bertanggung jawab atas sifat kimia lumba-lumba.

Para peneliti menulis, “Mengingat keterampilan kognitif yang terungkap dalam penelitian ini, kami percaya bahwa lumba-lumba juga dapat mengekstrak informasi lain dari urin mereka, seperti status reproduksi, atau menggunakan feromon untuk mempengaruhi perilaku satu sama lain,” tulis para peneliti.

Namun, ada kekhawatiran bahwa kontaminasi manusia, seperti tumpahan minyak atau tumpahan bahan kimia lainnya, dapat mengganggu kemampuan lumba-lumba untuk memberi sinyal satu sama lain dan dapat lebih berbahaya daripada yang diperkirakan sebelumnya.

(Kontributor, Monica Novena/ Bestari Kumala Dewi)

Artikel ini diterbitkan dengan judul “Lumba-lumba melacak teman-temannya dengan air seninya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *