January 28, 2023
Spread the love

Jakarta – Otoritas Kereta Api (DJKA) mengubah rute dan moda operasi KRL Computerline untuk Jalan Jabodetabek. Perubahan ini terjadi karena peralihan kelima Kegiatan (SO) untuk mendukung penyebaran dan adaptasi perkeretaapian.  situs slot gacor

Kegiatan SO 5 untuk Stasiun Mangarai akan dimulai pada 27 Mei hingga 28 Mei 2022. Rod Paulos, Kepala Pusat Rekayasa Kereta Api Regional Jakarta dan Banten, mengatakan SO 5 perlu diterapkan untuk mendukung kelancaran pembangunan Stasiun Mangarai.

Nantinya, SO 5 bekerja dengan memanfaatkan waktu antara jendela dan waktu kereta. Hal ini agar tidak mengganggu perjalanan kereta api, termasuk KRL Commuterline.

Paulus mengatakan, “Kami akan menggunakan jendela waktu yang dimulai setelah kereta terakhir selesai berjalan tetapi sebelum kereta pertama mulai berjalan pada hari berikutnya.”

Pada masa kegiatan SO 5, Otoritas Perkeretaapian (DJKA) berencana merevitalisasi jalur sementara di jalur 1 dan 2. Sementara itu, Jalur 3 ditutup, memungkinkan pekerjaan sipil di sebelah timur Stasiun Mangarai. Mulai konstruksi.

Tidak hanya itu, untuk memulai prosesnya, DJKA juga melakukan perubahan sistem persinyalan dan jaringan listrik di atas kepala (JLAA) agar perubahan lintasan dapat terkoordinasi dengan sempurna.

Perubahan Jalur dan Grafik KRL

Jalur 1 dan 2 akan dibuka untuk layanan kereta api jarak jauh, dan Jalur 3 akan ditutup sementara. Kemudian layanan KRL lintas jalur Bekasi/Cikarang disediakan di jalur 6 dan 7. Jalur Bogor Computerline beroperasi pada jalur 10, 11, 12 dan 13.

Selain mengubah rute pelayanan KA, pemberlakuan SO 5 juga mengikuti modifikasi rencana perjalanan KA KRL (GAPEKA). Gaya operasi dan platform KRL Commuterline akan mengalami perubahan signifikan, terutama untuk Jalur Bogor dan Jalur Bekasi/Cikarang. Perubahan tersebut meliputi:

Raket (Ring) Lengkap
1. Cikarang / Bekasi – Jatingara – Manggarai – Kampung Pandan – Pasar Senen – Jatingara – Bekasi / Cikarang
2. Cikarang / Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Pandan – Manggarai – Jatingara – Bekasi / Cikarang

Raket Setengah
1. Cikarang / Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)
2. Cikarang / Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Angke (PP)

Sementara itu, untuk KA Jalur Serpong, Jalur Tangerang, dan Bandara Suita tidak ada perubahan grafik layanan.

Penyesuaian Bagan Perjalanan KA (GAPEKA) juga setelah menambah sebaran KRL lintas Cikarang seri menjadi 21 dari 17 seri sebelumnya.

Selain itu, top speed penerbangan KRL juga ditingkatkan sehingga kecepatan gerak Cikarang-Jatinegara menjadi 95 km/jam dari sebelumnya 70 km/jam. Perubahan ini bertujuan untuk mengurangi waktu tempuh sekitar 2 menit.

Rode Paulus menyimpulkan, “Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar SO 5 dapat dilaksanakan di masa mendatang, dan kami berupaya untuk memastikan stasiun mangarai secara keseluruhan berkembang dengan lancar, aman dan selamat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *