December 4, 2022
Spread the love

Jaksa memeriksa mantan Menteri Perdagangan (Mandagh) M. Lotfi sebagai saksi dalam kasus ekspor minyak sawit atau bahan baku minyak goreng. Kami menyelidiki selama 5 jam.

Luthfi tiba pada Rabu 22 Juni 2022 (22/6/2022) WIB 09:10 di Bundaran Jampidsus Kejaksaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pak Lutfi memakai batik dan membawa tas hitam.  bo slot gacor terpercaya

Rufty juga melambaikan tangannya. Menanggapi pertanyaan dari seorang pejabat media, Rootpi mengatakan bahwa dia akan mengungkapkan posisinya setelah penyelidikan. Rootpi langsung pergi ke Penyidik ​​Kejahatan Khusus Kejaksaan Agung.

“Nanti.” kata Luthfi sesampainya di sana.

Hingga pukul 14.00 WIB, M Lutfi belum meninggalkan gedung penasihat khusus. Luthfi masih diuji.

Status Ekspor Minyak Goreng

Diketahui, titik awal situasi ini adalah tren kenaikan akibat kelangkaan minyak goreng di pasaran pada akhir tahun 2021. Pada masa kelangkaan ini, pemerintah melalui Departemen Perdagangan mengambil kebijakan penetapan komitmen pasar domestik (DMO) dan harga eceran maksimum. Namun, pada kenyataannya eksportir minyak nabati tidak melaksanakan kebijakan pemerintah.

Pengacara tersebut mengatakan, “Jadi, pemerintah memiliki kebijakan pengaturan DMO dan DPO (Domestic Price Obligation) bagi perusahaan yang ingin mengekspor CPO dan turunannya melalui Kementerian Perdagangan, serta menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk masakan kelapa sawit. minyak.” kata Jenderal Sant Burhanuddin berkata:

“Namun, pada kenyataannya, eksportir tidak menerapkan DPO, tetapi mereka masih mendapatkan persetujuan ekspor dari pemerintah,” tambahnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, jaksa menangkap tersangka. Diketahui lima tersangka telah ditetapkan dalam insiden minyak goreng tersebut, yaitu sebagai berikut.

1. Indrasari Wisnu Wardhana Direktur Perdagangan Luar Negeri (Dirjen Daglu) 2. Master Parulian Tumggor PT Wilmar Nabati Indonesia Anggota 3. Stanley Master Direktur Senior Corporate Affairs Permata Higo Group (PHG) 4 Bikari Tagore Sitanggang, General Manager Public Affairs di PT Musim Mas ; 5. Lin Chi Wei, sebuah perusahaan swasta.

Burhanuddin menilai tindakan mereka merugikan negara. Itu juga penyebab minyak goreng langka.

Burhan El-Din mengatakan “Tindakan para tersangka menyebabkan kerugian ekonomi negara (yang mengakibatkan tingginya harga dan kelangkaan minyak goreng, yang menyebabkan penurunan konsumsi rumah tangga, industri kecil yang menggunakan minyak goreng dan menyulitkan kehidupan orang)'” .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *