October 2, 2022
Spread the love

Jakarta – Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan personel untuk melakukan operasi pencarian, penyelamatan, dan evakuasi, serta pengamanan kapal KLM Bintang Surya yang jatuh di perairan barat Pulau Nipa, Kepulauan Riau, Minggu. 6 Desember 2022).  slot online terbaru

Item yang dikerahkan adalah KRI Lemadang Patrol (LDG)-632 item dari BKO (Guspurla) Koarmada I (Ops Garda Indosin 22) Naval Combat Group.

KLM Bintang Surya terlibat dalam kecelakaan laut ini saat berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun.

Berlayar di posisi 01 06 32 U-103 36 24 T, tim KLM Bintang Surya meminta bantuan KRI LDG-632 di channel 16, dan KRI Lemadang segera pindah ke lokasi kapal (ABK) 18 tempat duduk.

Namun, saat tim TNI AL dari KRI Lemadang tiba di lokasi, kondisi kapal KLM Bintang Surya sudah hangus.

“keadaan sudah terbakar dan awak kapal KLM Bintang Surya tiba di lokasi kapal tempat terjadinya kecelakaan. TB tertutup pada KRI LDG-632. Dievakuasi oleh Pelabuhan Maya.

Selain itu, KRI LDG-632 membantu awak kapal dengan bantuan elemen kapal Bakamla.

Peristiwa tersebut membuat korban dalam kondisi kritis atas nama Abdul Jamal (kapten) dan beberapa penumpang mengalami luka ringan.

“Bahkan setelah dukungan selesai, kapten tidak diselamatkan dan meninggal,” katanya

Saat ini, seluruh awak KLM Bintang Surya telah dipindahkan oleh KRI LDG-632 ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun untuk perawatan para korban.

Selain itu, seluruh tim TNI AL saat ini sedang menyelidiki lebih dalam penyebab kebakaran di kapal KLM Bintang Surya tersebut.

Tindakan cepat TNI AL adalah mengikuti arahan Laksamana Yudo Magono, Kepala Staf Angkatan Laut (Casal).

Yodo meminta para pelautnya untuk meningkatkan segala kemampuannya untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga kehadiran marinir Indonesia dimanapun berada dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.