December 2, 2022
Spread the love

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky frustrasi karena Uni Eropa masih berjuang untuk mencapai kesepakatan mengenai sanksi baru-baru ini terhadap Rusia. 

Hongaria, yang sangat bergantung pada minyak Rusia, memblokir sanksi keenam terhadap Rusia. Larangan di seluruh UE akan membutuhkan suara bulat dari 27 negara anggota.  slot gacor proses cepat

Zelensky juga menyatakan keprihatinan tentang serangan intensif Rusia di wilayah Donbass.

Kyiv mengatakan pertempuran di timur telah mencapai klimaks, mendesak sekutu Baratnya untuk mendamaikan kebrutalan ofensif Rusia dengan dukungan Ukraina.

“Pertempuran telah mencapai batasnya,” kata Wakil Menteri Pertahanan Jana Maliar pada konferensi pers.

Mengenai pertempuran di Donbass, Malia mengatakan “musuh menyerang posisi kita dari beberapa arah secara bersamaan”. Kami memiliki fase pertempuran yang sangat sulit dan panjang di depan.”

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memperingatkan Barat bahwa memasok Ukraina dengan senjata yang mampu merambah wilayah Rusia akan menjadi “langkah serius menuju ekspansi yang tidak dapat diterima”.

“Bahkan, Barat sudah melancarkan perang proksi dengan Rusia,” kata Lavrov dalam sebuah wawancara dengan stasiun berita negara RT Arabic yang diterbitkan di situs Kementerian Luar Negeri Rusia.

“Ini adalah senjata yang [Presiden Ukraina Volodymyr] Zelensky minta secara terbuka,” katanya.

Rusia mengatakan siap untuk membuat “kontribusi signifikan” untuk mencegah krisis pangan yang akan datang jika Barat mencabut langkah-langkah ekonomi yang telah diberlakukannya sejak invasi ke Ukraina.

Pernyataan itu dilaporkan dibuat oleh Presiden Rusia Vladimir Putin selama panggilan telepon dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Setelah panggilan itu, Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Putin telah menekankan bahwa Rusia siap membantu memasok biji-bijian dan pupuk. 

Pemerintah Italia mengatakan undangan itu “berkomitmen untuk pengembangan Ukraina dan upayanya untuk menemukan solusi bersama untuk krisis pangan saat ini dan dampak seriusnya pada negara-negara termiskin di dunia”.

Barat telah memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia setelah Putin memerintahkan pasukan ke negara tetangga Ukraina pada 24 Februari. Baik sanksi maupun perjuangan telah mengganggu pasokan pupuk, gandum, dan komoditas lainnya. Seperti diketahui, Rusia dan Ukraina menyumbang sekitar 30% dari pasokan biji-bijian dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *